Connect with us

PAN Sabet Sembilan Kursi di Bombana

Hukum & Kriminal

PAN Sabet Sembilan Kursi di Bombana

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM -Hasil rekapitulasi Perhitungan suara di Kantor KPUD Bombana menempatkan Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai peraih kursi terbanyak hasil pemilu 9 April lalu

Dari tiga Dapil (Rumbia, Poleang dan Kabaena) di wilayah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.  PAN meraih sembilan kursi dari total 25 jumlah anggota DPRD Kabupaten Bombana.

Di dua Dapil yakni  Dapil 1 Rumbia dan Dapil 2 Poleang, Partai berlambang Matahari terbit ini menyabet delapan kursi (empat di Dapil Rumbia dan empat lainnya di Poleang). Sementara satu kursi lainnya di dapat dari Dapil Kabaena.

Partai peraih kursi terbanyak kedua yakni, Golkar dan PPP.  Masing-masing partai meraih total tiga kursi alias ditiap dapil, masing-masing menyabet satu kursi. (Rumbia 1, Poleang 1 dan Rumbia 1)

Sementara, Partai Gerindra, Nasdem dan PBB masing-masing mendapat dua kursi. Partai Gerindra dan Nasdem memperolehan jatah kursi dari dapil Poleang dan Rumbia, sedangkan PBB dari Dapil Kabaena dan Poleang.

Empat sisa kursi di DPRD Bombana  menjadi milik PDIP, PKS, Demokrat dan Hanura, dengan jatah masing-masing partai mendapat satu kursi.

Dengan komposisi demikian, pengamat politik Bombana Muhamad Anis mengatakan jatah kursi untuk Ketua DPRD Bombana, menjadi milik PAN. Sedangkan dua wakil ketua, dari partai Golkar dan PPP.

“Unsur Pimpinan DPRD itu tiga orang, ketua dan dua wakilnya. Untuk ketua otomatis peraih kursi terbanyak yakni partai PAN, sedangkan dua wakilnya adalah peraih kursi terbanyak berikutnya, yakni kader Golkar dan PPP,” ujarnya. (DAR)

“Jabatan itu Ibarat bermain bola. Ada pemain inti ada pula pemain cadangan.
Kalau memang ada pemain yang sudah tidak mampu lagi, katakan, sebab masih banyak pemain cadangan yang ingin main,” tuturnya.

Tafdil harapkan agar tiap pimpinan SKPD selalu tanggap dan mengerti persoalan dilapangan. “Jangan hanya mengurus perjalanan dinas, sementara persoalan internal atau daerah tidak dipahami,” tukasnya.

Dipelantikan tersebut, tidak dihadiri oleh Drs. Ridwan. sementara tiga pejabat lainnya yakni Asis fair, Man Arfa dan Abdul Asis ikut hadir saat pengambilan sumpah jabatan. (DAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top