PAD Jasa Parkir Meningkat Drastis

SUARAKENDARI.COM, Jasa parkir kini tidak bisa dipandang sebelah mata lagi, pasalnya hingga tahun 2015, pendapatan daerah dari sektor jasa parkir meningkat drastis. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar, saat ditemui di Ruang Kerjanya.

Menurutnya, jasa parkir pada tahun 2015 mengalami peningkatan yang sangat drastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dikatakan Nahwa Umar, besarnya pendapatan yang dipungut dari jasa parkir pada tahun 2015 yakni sebesar dua milyar lebih.

“Memang peningkatan jasa parkir 2015 ini diluar dugaan kami jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2011 kami hanya memungut Rp. 183 Juta, kemudian pada tahun 2012 sebesar Rp. 366 Juta, tahun 2013 sebesar Rp. 364 Juta dan pada tahun 2014 sebesar Rp. 453 Juta, nah pada tahun 2015 ini jumlah mencapai dua milyar lebih,” terangnya.

Menurutnya, parkir elektronik yang sudah diterapkan di Mall Mandonga dan Lippo Plaza Kendari memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi pendapatan daerah dari jasa parkir ini, sehingga pendapatan yang diterima pada tahun ini meningkat hingga 500 persen.

Untuk itu, pada tahun-tahun berikutnya pemerintah akan terus mendorong pusat-pusat berbelanjaan agar mau memasang parkir elektronik, sehingga pendapatan yang bisa diterima daerah bisa lebih besar lagi dari jumlah PAD yang didapat tahun ini.

“Kita akan mendorong agar semuanya mau menggunakan parkir elektronik, karena kita juga tahu bersama jika pendapatan yang kami terima itu akan dipergunakan untuk pembangunan Kota Kendari,” ujarnya. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *