Connect with us

OSN Picu Kreatifitas dan Semangat Belajar Siswa

Suara Pendidikan

OSN Picu Kreatifitas dan Semangat Belajar Siswa

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Kesempatan untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang dibuka bagi seluruh siswa-siswi yang memenuhi syarat sesuai dengan standar nilai yang ditentukan, menjadi ajang kompetensi tersendiri bagi pelajar SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara (Sultra).

Melalui event nasional yang diselenggarakan setiap tahunnya itu, tentu saja menambah kreatifvitas dan semangat belajar bagi siswa dan siswi yang akan mengikuti kompetensi tersebut.

Salah seorang siswa SMAN 1 Kabupaten Kolaka, Aryo Seto Pandu mengatakan bahwa ia sangat termotivasi dengan adanya olimpiade tersebut karena membuka kesempatan bagi seluruh siswa meskipun yang ada di kabupaten.

“Saya senang mengikuti OSN ini, karena melalui olimpiade ini kami sebagai siswa juga bisa mengukur kemampuan kami sejauh mana pemahaman kami pada bidang studi yang kami ikuti, sehingga secara tidak langsung membuka kesempatan dan mengembangkan minat belajar kami,” katanya.

Ia merupakan satu dari sepuluh siswa yang terpilih mengikuti olimpiade tersebut membawa nama Sultra untuk bersaing dengan pelajar lain yang berasal dari provinsi yang berbeda.

Menurutnya, dengan olimpiade sains tersebut bisa menambah pemahaman yang dimilikinya khususnya pada Mata Pelajaran Biologi.

“Saya mewakili Sultra untuk Mata Pelajaran Biologi, saya merasa sangat senang karena usaha saya selama ini tidak sia-sia dan bisa membawa nama Sultra,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh siswi SMAN 4 Kendari, Emy Samsuria yang telah dua kali mengikuti olimpiade tersebut melalui proses seleksi yang sebelumnya dilakukan pada kabupaten/kota masing-masing.

“Kami yang ikut olimpiade bukan ditunjuk langsung melainkan ada proses seleksi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan, jika standar nilai kami memenuhi maka kami lolos, tapi jika tidak maka tidak lolos, saya senang bisa mendapatkan kesempatan kedua ini,” ujarnya.

Emy juga berpesan kepada siswa yang belum mendapatkan kesempatan tersebut agar terus berusaha dan mengasaha pemahaman yang dimiliki. Pasalnya, kesempatan itu terbuka untuk semua siswa yang berprestasi.

“Yang belum lulus tidak perlu berkecil hati karena masih ada kesempatan lain, tiap tahun kesempatan ini dibuka, jadi untuk semua teman-teman mari terus mengukir prestasi,” pesannya. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top