Connect with us

Organisasi Perempuan Tandatangani MoU dengan BPTP-Balitbangtan Sultra

Metro

Organisasi Perempuan Tandatangani MoU dengan BPTP-Balitbangtan Sultra

Organisasi Perempuan Tandatangani MoU dengan BPTP-Balitbangtan Sultra

SUARAKENDARI.COM-  Kesepakatan bersama antara Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Pengurus Wilayah Propinsi Sulawesi Tenggaga dengan BPTP-Balitbangtan Sulawesi Tenggara dilakukan di kantor BPTP-Balitbangtan Sulawesi Tenggara, Rabu, (23/03/2017).

Acara ini diikuti oleh pengurus KPPI se- Prov. Sulawesi Tenggara, perwakilan pengurus beberapa Partai Politik di Sulawesi Tenggara, Ika Boga, Koperwan, Tiara Kusuma dan KPI, serta organisasi perempuan lainnya.

Kepala BPTP-Balitbangtan Sultra, Ir. Muh. Asaad, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan arahan menteri Pertanian sebagai tindak lanjut dari MoU Kementerian Pertanian dengan KPPI Pusat. Selain MoU dengan KPPI, BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara juga telah dilakukan dengan TP PKK Provinsi Sulawesi Tenggara, dan selanjutnya akan dilakukan MoU dengan   IWAPI.

“BPTP-Balitbangtan Sulawesi Tenggara  akan bertanggung jawab secara teknis. Bentuk riilnya adalah adanya demplot penanaman cabai di pekarangan dan pada lahan lahan pertanian. Untuk lahan-lahan pekarangan dalam memenuhi kebutuhan pangan di keluarga, manfaatkan lahan tersebut sebaik-baiknya. Program Kementerian  Pertanian yang telah dilakukan adalah kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestrai, di dalamnya ada berbagai kegiatan budidaya tanaman di lahan pekarangan, budidaya ayam dan ikan. Jenis tanaman dan ternak yang dibudidayakan lebih kepada tanaman lokal, seperti lombok tolaki, ayam tolaki, kopi gandu (Okra), terung Tolaki (Palola) dan tanaman lain yang spesifik lokasi,”jelas  Asaad.

“Dalam kegiatan Gerakan 50 juta pohon cabai di pekarangan, diharaphan 1 keluarga menaman minimal 5 pohon cabai, sehingga peran dan partisipasi ibu-ibu sangat diharapkan untuk keberhasilan kegiatan ini. BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara  telah menyiapkan benih cabai sebanyak 50 ribu dari target 150 ribu, dan sebagian besar telah didistribusikan kepada TP PKK Kab/kota,”tambah kepala BPTP-Balitbangtan Sultra.

Dalam acara ini Kepala Balai juga menyampaikan bahwa untuk penyebaran inovasi teknologi pertanian, BPTP Sulawesi Tenggara memeliki Radio Citra Pertanian Kendari (Link), dan sudah mengudara sejak Januari 2017. Dengan adanya radio tersebut, petani dan penyuluh dapat mendengarkan acara-acara pertanian yang disuguhkan secara apik dan menarik.

Suleha Andi Bahar, S.Pd, M.Pd, Ketua  KPPI Provinsi Sulawesi Tenggara,  dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasamanya kegiatan ini. Sebagai tindaklanjut dari MoU antara Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Pusat dengan Kementerian Pertanian, maka KPPI daerah juga melakukan MOu dengan BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara, sebagai perwakilan Kementerian Pertanian yang ada di daerah.

Selanjutnya, beliau mengharapkan  juga kepada ibu-ibu anggota KPPI untuk mengambil peran aktif dalam kegiatan ini. Selain itu BPTP-Balitbangtan Sulawesi Tenggara bisa mendampingi dan pengawalan kegiatan yang telah disepakati.  Dengan kegiatan ini juga, diharapkan pengetahuan dan kreativitas ibu rumah tangga dapat meningkat, sehingga sebagian kecil pemenuhan pangan keluarga dapat diatasi dengan pemanfaatan lahan pekarangan.

Setelah acara penendatangan kerjasama tersebut,   secara simbolis, Kepala BPTP-Balitbangtan Sulawesi Tenggara memberikan bibit cabai kepada Ketua KPPI Prov. Sulawesi Tenggara, dan selanjutnya ketua KPPI  Prov. Sulawesi Tenggara menyerahkan juga bibit cabai kepada beberapa pengurus KPPI  Kabupaten/kota yang hadir di acara ini.

Dalam acara selanjutnya, Dr. Abdul Wahab, SP, MP menjelaskan secara rinci tata cara budidaya cabai, baik di lahan pekarangan dan lahan yang luas, kemudian dilakukan diskusi dengan para peserta. (Rusdin)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top