Connect with us

Ombudsman Nilai Seleksi TKB Tidak Penting

Hukum & Kriminal

Ombudsman Nilai Seleksi TKB Tidak Penting

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Seleksi Tes Kemampuan Bidang (TKB) yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tanggal 13 dan 14 November 2014 lalu menjadi salah satu syarat yang diberikan pemerintah setelah dinyatakan lulus passing grade.

Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sultra menilai bahwa TKB yang dilakukan pemerintah bukanlah hal yang utama untuk menilai kemampuan seseorang. Hal tersebut dikatakan Ketua Ombudsman Sultra, Aksah.

“TKB itu tidak begitu penting, apalagi untuk mengukur formasi yang dilamar, tidak bisa diukur hanya satu atau dua jam saja,” katanya.

Menurutnya, kompetensi seseorang dapat diukur setelah seseorang dinyatakan lulus, barulah bisa terbentuk. Bukan hanya diwawancarai dan tes tertulis diatas kertas.

“Kompetensi seseorang bisa dibentuk pada saat prajabatan, melalui pelatihan, sangat tidak rasional jika hanya dilihat melalui TKB,” ujarnya.

Ia menilai pada awal seleksi yang. dilakukan melalui Tes Kemampuan Dasar (TKD) kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sudah mulai kembali, tapi dengan adanya TKB maka tidak menjamin. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top