Connect with us

Nilai Tukar Rupiah Pengaruhi Pasar Otomotif

Bisnis

Nilai Tukar Rupiah Pengaruhi Pasar Otomotif

KENDARI, SUARAKENDARI.COM – Sejumlah industri dan pelaku usaha yang terkait dengan kegiatan impor, mulai merasakan dampak dari kian melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika. Mereka mulai menyusun startegi untuk mengambil kebijakan yang efektif guna merespon kondisi tersebut.
Head Promotion PT Suzuki Megahputera Kendari, Rahmad La Dae, Selasa (24/3) mengatakan, melemahnya nilai tukar rupiah, sangat berpengaruh nyata terhadap kondisi penjualan mobil. Meski begitu, pihaknya mengaku untuk penjualan mobil Suzuki masih tetap stabil.
“Semua dealer pasti mengambil tindakan yang sama, yakni menaikkan harga mobil mereka. Kami juga nantinya bakalan mengambil langkah yang seperti itu juga, namun kenaikkannya tidak terlalu besar,” jelasnya.
Kendati demikian, akan ada kebijakan lain agar kenaikkan tersebut tidak terlalu membebani konsumen. Dengan melakukan subsidi silang seperti menaikkan harga kendaraan tapi memberikan diskon tambahan atau sebaliknya.
“Pelaku usaha akan lebih berfikir kreatif menghadapi masalah ini. Pasalnya, begitu banyak competitor yang ada, sehingga setiap tindakan yang akan diambil harus ekstra hati-hati,” katanya.
Lebih lanjut ia mengatakan, meski nilai tukar rupiah terhadap dollar melemah, namun penjualan mobil Suzuki tetap stabil. Terbukti, setelah dilakukan report, penjualan mobil Suzuki berada diurutan pertama untuk penjualan mobil di Sultra. Dari grafik penjualan juga, untuk penjualan Suzuki Wagon R dan Suzuki Ertiga tetap stabil.
Untuk diketahui, salah satu produk Suzuki yakni Suzuki Ertiga yang dikenal sebagai mobil Low MPV yang memiliki tingkat kenyamanan paling tinggi sangat kaya akan fitur-fitur canggih, baik untuk fitur safety, kenyamanan ataupun fitur pendukung keamanan mobil. Dengan penggerak roda depan yang dimiliki, Ertiga bisa mengirit bahan bakar dengan jarak tempuh 16,3 kilometer hanya membutuhkan bahan bakar sebanyak 1 liter.min

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top