Connect with us

Nelayan Terima Bantuan Sarana Perikanan

Nelayan Terima Bantuan Sarana Perikanan

Metro

Nelayan Terima Bantuan Sarana Perikanan

KENDARI, SUARA KENDARI.COM, Pemerintah Kota Kendari memberikan bantuan sarana perikanan kepada sejumlah nelayan yang telah terpilih, untuk mengembangkan produktivitas hasil tangkapnya, di Kelurahan Purirano, Kamis (23/1/2014).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota kendari, Agus Salim, mengatakan bahwa bantuan yang diberikan hari itu, merupakan paket bantuan Tahun Anggaran 2013 yang sudah melalui seleksi. Beberapa paket bantuan yang diberikan antara lain, bantuan Dana BLM Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP), bantuan ini diberikan kepada 11 Kelompok Usaha Bersama (KUB) dengan total anggaran Rp. 1,1 Miliar, setiap kelompok mendapatkan sebesar Rp. 100 juta, bantuan kapal Non-Inkamina sebanyak 2 unit dengan anggaran Rp. 1,3 Miliar. Sarana perikanan yang bersumber dari DAK dan APBD meliputi, sarana perikanan tangkap dengan total anggaran Rp. 1.172.000.000,- bantuan sarana pengolahan ikan dengan anggaran Rp. 130 juta, serta sarana perikanan budidaya dengan bantuan Rp. 1.112.000.000,-.

Menurutnya, bantuan yang diberikan kepada nelayan tersebut sudah melalui proses seleksi yang didasarkan pada Musrenbang mulai tingkat kelurahan hingga kota, juga masukan dari reses yang dilakukan anggota DPRD Kota Kendari. Tidak hanya itu, pihaknya juga telah melakukan identifikasi secara teknis dan diverifikasi oleh tenaga teknis bersama penyuluh perikanan serta aparat ditingkat kelurahan guna melihat kelayakan teknis. Tentu melalui bantuan yang diberikan hari itu, dapat membantu bagi nelayan untuk meningkatkan produktivitasnya agar dapat hidup layak.

Walikota Kendari, Asrun, dalam kesempatan itu juga menuturkan bahwa bentuan yang diberikan merupakan kepedulian untuk masyarakat baik bagi nelayan maupun pembudidaya ikan serta pengolah hasil perikanan. “Dengan bantuan yang kami serahkan hari ini dapat menjadi motivasi untuk mendorong produksi dan produktivitas usaha bagi nelayan.” katanya. Asrun berharap agar bantuan yang diberikan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin bagi nelayan. “Saya menyimpan harapan kepada semua penerima bantuan hari ini agar bantuan ini betul-betul dikelolah dan dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan tingkat kesejahteraan masyarakat,” harapnya. (LINA)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top