Nasib Program Desa-desa Siaga di Konsel

0

SUARAKENDARI.COM-Jaman pemerintahan Imran di konawe Selatan, sejumlah desa pernah di canangkan menjadi desa siaga alias desa yang menjadi percontohan sekaligus rujukan karena memiliki fasilitas memadai untuk urusan kesehatan. Namun siring waktu berakhirnya kepemimpinan Imran, desa-desa ini pun seolah lenyap tanpa kabar berita. Tak lagi menjadi buah bibir seperti diawal-awal terbentuknya.

Sebagai contoh, Desa Sindang Kasih, kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konsel pernah menjadi buah bibir, setelah menjadi tempat pertama pencanangan desa siaga dan pernah dikunjungi Presiden RI SBY Tahun 2007 silam.

Kendati begitu, pemerintah Konsel sendiri tetap akan menjadi rujukan dalam penyiapan fasilitas desa siaga, khususnya fasilitas pelayanan kesehatan. Begitu juga di desa Tirto Martani, Kecamatan Buke, desa Marga Cinta, Kecamatan Moramo yang tetap eksis dengan Desa Siaga-nya agar tetap dipertahankan dan ditingkatkan.

Fasilitas yang ada di desa, seperti Balai, gedung PKK desa dan lainnya itu dapat digunakan sebagai tempat penyedian kelengkapan desa siaga, khususnya fasilitas kesehatan dan pendidikan. Di desa itu dapat dijadikan seperti Puskesmas Pembantu. Di desa itu juga dapat dihimpun bidan-bidan desa, termasuk dukun bersalin dalam rangka pelayanan, khususnya bagi ibu-ibu yang hendak melahirkan.

Di Jaman Bupati Imran beberapa kali mengintruksikan kepada seluruh camat dan kepala desa untuk menjadikan daerahnya sebagai desa siaga dan ini akan terus dievaluasi. Sayangnya urung dilakukan desa-desa lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.