Nah, Sayuran Ternyata Bisa Bikin Gemuk

0

Suarakendari.com-Selama ini sayuran selalu diselaraskan dengan makanan sehat untuk diet. Walau sebenarnya tak sepenuhnya benar, sebab, tak semua jenis sayuran dapat menurunkan berat badan. Dalam sejumlah penelitian ditemukan sejumlah jenis sayuran yang dapat menambah lemak di tubuh manusia.

Para peneliti dari Harvard School of Public Health merilis hasil analisa mereka, bahwa, penambahan berat badan yang dialami oleh 130 ribu orang Amerika, pria maupun wanita, setelah mereka mengonsumsi sayuran tersebut selama 4 tahun. Sayuran kentang misalnya, menjadi salah satu sayuran tinggi karbohidrat yang bisa dengan cepat menaikkan berat badan. Selain itu, beberapa jenis sayuran lain yang memiliki efek yang sama dengan kentang ialah jagung manis dan kacang polong.

Rebecca Lawton dari British dietetic Association menanggapi, sebenarnya masih ada ruang untuk menghadirkan kentang dalam piring saji kita, yaitu sebesar kepalan tangan untuk sekali makan. Bagaimanapun, kentang kaya akan vitamin C dan kalium. Agar kentang tak menimbulkan dampak buruk bagi berat badan, sebaiknya tidak menggabungkan kentang dengan jagung manis maupun kacang polong. Hindari juga megonsumsi kentang bersama, roti, nasi, pasta, atau sumber karbohidrat lainnya.

Walau begitu, para peneliti juga menemukan alternatif sayuran pengganti yang bersahabat untuk para pelaku diet. Sebagai asupan karbohidrat yang lebih rendah kalori ketimbang kentang, segenggam nasi cokelat atau satu lembar roti gandum utuh bisa menjadi pilihan. Untuk sayuran, sayur yang paling bersahabat dalam menjaga berat badan ialah kembang kol, brokoli, dan kubis.

Selain sering mengonsumsi ketiga sayuran tadi, mengombinasikan mereka dengan buah-buahan yang dikenal sebagai “pembakar” lemak akan memberi hasil diet yang lebih baik lagi. Buah-buahan tersebut ialah blueberry, apel, pir, stroberi, kismis. Mereka dikenal bisa menurunkan berat badan hingga setengah kilo bila dikonsumsi rutin selama masa diet. SK/Kompas

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.