Musim Kemarau, Hasil Produksi Padi di Kolaka Teratas dibanding Daerah Lain

Suarakendari.com, KolakaMusim kemarau selama beberapa bulan di tahun 2015  memberi dampak signifikan terhadap hasil produksi petani padi sawah di sultra.

Beberapa daerah yang menjadi lumbung padi di sultra seperti konawe,konawe selatan dan bombana gagal meningkatkan hasil produksi petaninya bahkan justru cenderung mengalami penurunan.

Sebaliknya hasil produksi petani padi sawah di kolaka  justru mengalami peningkatan tahun ini  rata-rata petani padi sawah di kolaka mampu menghasilkan 5,2 ton gabah kering per hektar / atau yang tertinggi di sultra.

Sementara daerah lain hanya mampu menghasilkan gabah kering sekitar 1 ton per hektar bahkan cenderung mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

“Dari semua kabupaten yang ada di Sultra, setelah kepala dinas semua memaparkan target realisasi dan pencapaian produksi padi sawah ternyata kabupaten kolaka menempati urutan teratas.” Jelas Azikin,Kepala Dinas Pertanian Kolaka.

Untuk menjaga produktivitas hasil panen petani padi sawah di kolaka dinas pertanian setempat memastikan untuk memelihara saluran irigasi yang tersedia

Para petani juga dianjurkan untuk menggunakan benih unggul dan merubah pola tanam dari yang tradisional menjadi lebih moderen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *