Connect with us

Musadar Mappasomba “Masuk” Rutan Kendari

Metro

Musadar Mappasomba “Masuk” Rutan Kendari

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kendari, Musadar Mapasomba masuk rumah tahanan Negara (Rutan) kelas II A Kendari melakukan sosialisasi pencegahan penularan penyakit HIV AIDS.

Wakil walikota Kendari ini menjelaskan, berdasarkan data KPA Kota Kendari saat ini terdapat sekitar 15 orang warga kota Kendari yang dinyatakan positif terjangkit HIV AIDS.

Jika merujuk pada teori gunung es menyebutkan, jika terdapat 1 orang positif HIV AIDS, maka di perkirakan terdapat sekitar 200 orang yang sudah terjangkit penyakit mematikan ini.

“Narkoba, Sex bebas dan HIV AIDS itu saudara Kembar”tuturnya.

Hanya saja kata Musadar, penyakit ini belum dirasakan oleh penderitanya hingga 10 tahun kemudian namun, penderita tersebut sangat berpotensi menyebarkan ke orang lain.

“Penyakit ini tidak tertular dengan kita berbincang-bincang,berpelukan, melalui tusuk gigi, makan bersama nanti dijelaskan sama para narasumber yang lebih lengkap cara penularannya”urai Wawali.

Menurutnya penerapan nilai-nilai agama dalam keluarga merupakan salah satu kunci mencegah penyakit ini.

Sementara itu kepala rutan kelas II A Kendari, Masudi, menyambut baik upaya yang di Lakukan KPA Kota kendari dengan memberikan tambahan pengetahuan pada warga binaan Rutan kendari.

 

“untuk pembinaan warga binaan rutan diperlukan peran pihak luar,  sehingga pengetahuan mereka lebih komprehensif”katanya.

Selain KPA Kota Kendari sosialiasi juga sering dilakukan beberapa lembaga seperti BNN,  Dinas Kesehatan dan Balai Latihan Kerja.(ALIN)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top