Mungkinkah La Ode Syarif Seganas Abraham Samad

SUARAKENDARI.COM-Selangkah lagi La Ode Syarif menduduki posisi unsur ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nama Syarif dan tujuh orang lainnya sudah di tangan presiden, tinggal mengikuti fit and proper test di DPR RI dan selanjutnya akan diumumkan ke publik. Di tengah penantian hasil fit and proper tes atau uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI harapan agar KPK dapat terus berkiprah memberantas korupsi terus saja disuarakan banyak pihak.

Ada berapa pertanyaan yang mulai muncul pertanyaan di publik, jika saja Syarif menduduki posisi di KPK mungkinkah Dia seganas pendahulu KPK sebelumnya, seperti Abraham Samad? Inilah yang memunculkan semangat atau optimisme penegakan hukum di tanah air, namun tak sedikit pula justeru khawatir nasib KPK justeru akan terseok-seok di periode ke depan.

Track Record La Ode Syarif sendiri dalam upaya penegakan hukum tidak lagi diragukan, mengingat pria kelahiran Muna ini sudah memiliki pengalaman yang tidak sedkit dalam upaya mengawal penegakan hukum.

La Ode Syarif meniti karier di dunia pendidikan sebagai Dosen Hukum di Universitas Hasanuddin, Makassar. Gelar pendidikan ia peroleh dari Universitas Teknologi Queensland di bidang Master Hukum Lingkungan dan Doktor bidang Hukum Lingkungan Internasional di Universitas Sidney, Australia.

Ilmunya dalam hukum lingkungan berguna untuk pembuatan kurikulum Kode Etik Hakim dan Pelatihan Hukum Lingkungan Hidup di Mahkamah Agung. Sejumlah gagasan juga ia tuangkan dalalam tulisan dengan beragam tajuk seperti perubahan iklim dan kehutanan.

Selain mencicipi dunia akademik, La Ode juga aktif sebagai penasihat senior terkait tata pemerintahan keadilan dan hukum lingkungan di Kemitraan. Untuk isu korupsi, La Ode pernah menjabat sebagai Spesialis Pendidikan dan Pelatihan Proyek Pengendalian Korupsi Indonesia. SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *