Connect with us

Muna Barat Resmi Jadi Daerah Otonomi Baru

Uncategorized

Muna Barat Resmi Jadi Daerah Otonomi Baru



RAHA-SUARAKENDARI.COM- Setelah melalui perjuangan panjang, Muna Barat akhirnya resmi dimekarkan sebagai salah satu Daerah Otonom Baru (DOB) di Sultra pada Selasa (24/6), yang ditandai dengan disetujuinya Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang pembentukan Muna Barat sebagai DOB,menjadi UU oleh forum rapat paripurna Komisi II DPR RI,Selasa kemarin sekitar pukul 11.30 WITA.

Pemekaran Mubar bersamaan dengan pemekaran dua DOB lainnya,Buton Tengah dan Buton Selatan. Pemkab Muna melalui Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Muna,Aliyuddin yang dihubungi via telpon selulernya dari Gedung Nusantara II DPR RI mengungkapkan,rapat paripurna Komisi II yang dihadiri oleh pemerintah dalam hal ini Kemendagri,berlangsung lancar dan tertib. “Bupati Muna,LM Baharuddin turut hadir bersama Ketua DPRD Muna,perwakilan dari Pemprov Sultra serta kepala SKPD dan sejumlah anggota DPRD Muna,”sebutnya.

Saat ini kata mantan Camat Katobu ini,sisa menunggu UU Pembentukan Mubar dikeluarkan. Lanjutnya,dengan mekarnya Mubar maka terwujud dan terbukti sudah upaya Pemda dan pihak-pihak terkait mewujudkan Mubar sebagai DOB.  Pemkab Muna berharap,mekarnya Mubar bisa menjadi peluang untuk mendorong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Mubar. 

Sementara itu,menanggapi pemekaran Mubar,Presidium Barisan Muda Bersatu,Nur Arduk mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemkab Muna,DPRD Muna,Pemprov dan Komisi II DPR RI serta semua pihak yang telah mendukung pemekaran Mubar.

Arduk juga menghimbau masyarakat Mubar agar menyikapi pemekaran Mubar sebagai sebuah peluang dan jalan untuk meretas kesejahteraan masyarakat Mubar. Dia menghimbau agar masyarakat Mubar bergandengan tangan menciptakan kesejahteraan di Mubar,dan tidak menciptakan konflik pasca pemekaran,seperti halnya DOB lain yang telah mekar dan berkonflik. (TRI )

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top