Connect with us

Mobilisasi Logistik Pemilu Konawe Menuai Masalah

Hukum & Kriminal

Mobilisasi Logistik Pemilu Konawe Menuai Masalah

 

KONAWE.SUARAKENDARI.COM – Mobilisasi Logistik pemilu yang didistribusikan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe, di lokasi terjauh masih menyisahkan beberapa masalah, mulai dari kurangnya kelengkapan logistik, hingga rusaknya lembaran kertas suara.

Ketua KPUD Konawe, Hermansyah Pagala saat ditemui awak media, di gedung Wekoila, Unaaha, Kabupaten Konawe, mengatakan adanya kekurangan logistik pemilu di daerah pemilihan di Konawe. “Kendala kita hologramnya yang belum tiba di KPUD Provinsi, kurangnya sekitar 180 untuk didistribusikan di Konawe Kepulauan. Kami masih menunggu, bila sudah tiba langsung kita seberangkan ke Wawonii,” ujar Hermansyah.

Cuaca buruk, menjadi faktor penyebab timbulnya beberapa masalah krusial pendistribusian logistik. Hujan yang mengguyur di beberapa wilayah konawe sejak seminggu terakhir ini, mengakibatkan sedikitnya 278 lembar kartu suara, DPRD Kabupaten, jatah wilayah Dapil III di Kecamatan Soropia rusak parah dan tidak bisa di gunakan. “Kerusakan akibat terguyur hujan, saat pendistribuasian berjalan,”katanya.

Hermansayah mengaku mobilisasi logistik dilakukan dengan menggunakan truk bak terbuka. “Sebenarnya itu sudah memenuhi standart dan kita sudah antisipasi dengan terpal, saat itu kami berharap saat pendistribusian hujan tidak turun,” kata Ketua HIPPMI Konawe tersebut.

Menanggapi masalah tersebut Panitia pengawas Pemilu (Panwas) Kabupaten Konawe, senin (07/04), DR Haslita, saat dikonfirmasi melalui via telvon, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pihak KPU Konawe, untuk segera mencari solusi alternatif terkait kerusakaan beberapa lembar kartu surat suara.

” Kami telah berkoordinasi dengan pihak KPU konawe sendiri, dan salah satu solusi yang diambil yakni, jika ada kartu suara yang jumlahnya lebih dibeberapa daerah seperti; di Kecamatan Bondoala, Kecamatan Sampara, dan Kecamatan Kapoiala untuk di ambil dulu, lalu dipakai mengisi kekurangan di Soropia,” ujar Haslita.

Lebih lanjut Haslita mengatakan saat ini, pihaknya juga tengah mengawasi penyortiran beberapa kartu suara DPRD kabupaten, yang masihg dilakukan oleh Pihak KPU Konawe.(MAN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top