Connect with us

Meski Terpilih, Caleg Bisa Diskualifikasi

Hukum & Kriminal

Meski Terpilih, Caleg Bisa Diskualifikasi

BOMBANA,SUARAKENDAR.COM-Meski calon Anggota Legislatif Bombana periode 2014-2019 sudah ditetapkan KPUD Bombana 12 Mei lalu. Namun penetapan itu dapat dianulir alias batal dilantik, bila caleg ketahuan curang

Anggota Panwaslu Kabupaten Bombana Laode Rahmat Apiti mengatakan pihaknya sedang merampungkan sejumlah bukti kecurangan caleg terpilih, selama pelaksanaa Pileg April lalu.

“Panwaslu bentuk tim investigasi untuk menelusuri persoalan ini. Kami masih tahap perampungan, kira-kira seminggu lagi, hasilnya itu akan kami tuangkan dalam bentuk rekomendasi,” tutur Rahmat.

Rahmat mengaku banyak sekali masyarakat yang menyodorkan informasi, terkait nama-nama caleg terpilih, namun melakukan berbagai kecurangan selama pemilu.  “Semua informasi itu telah kami evaluasi dan tim sudah bergerak kelapangan, menguji kebenarannya informasi tersebut” ujar Rahmat

Ketua KNPI Bombana ini mengatakan, bisa saja caleg tidak bermain dari sisi perolehan atau perhitungan suara, namun dibalik itu, terselubung modus lain yang kecurangannya lebih dasyat. “Tim sementara menelusui dugaan ini, kami belum bisa beberkan, nanti rampung dulu hasil investigasi kami,” ujarnya.

Rahmat menegaskan, jika nantinya terbukti, maka panwaslu berhak merekomendasikan kepada KPUD untuk tidak melantik caleg yang lakukan kecurangan pemilu. (DAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top