Connect with us

Kiprah Enam Tahun NUSA di Sultra

Metro

Kiprah Enam Tahun NUSA di Sultra

 

KENDARI, SUARAKENDARI.Com-Enam tahun kiprah pasangan Nur Alam – Saleh Lasata (Nusa) memimpin Sulawesi Tenggara membuahkan banyak keberhasilan, baik di bidang ekonomi, pertanian, kesehatan, pendidikan, budaya dan pariwisata. Inilah yang dipaparkan Gubernur Nur Alam saat ulang tahun pasangan Nusa yang berlangsung di Hotel Clarion, Selasa pagi.

Melalui gambaran visi misi provinsi sulawesi tenggara 2013-2018 dibawah pemerintahan Nur Alam –Saleh Lasata melalui visi “ semua untuk rakyat” adalah komitmen pemerintah untuk memajukan segala aspek kehidupan masyarakat secara proporsional sesuai dengan profesi wilayah diseluruh wilayah sultra.

Dalam konsep pembangunan yang utuh, pemerintah tidak berbeda-bedakan warnanya, selain hukum tiap waraga masyarakat memiliki hak yang sama kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan . sesunggunya pemberian perang, kewenangan dan tanggug jawab kepada pemerintah provinsi adalah untuk melayani rakyat secara baik, lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah.

Jika dalam dunia pemerintahan ‘prinsipnya adalah rakyat adalah raja” maka dalam dunia pemerintahan ,prinsipnya adalah rakyat adalah” untuk itu agar pelayanan prima kepada masyarakat dapat diwujudkan, maka perlu di lakukan repormasi birokrasi, guna menhadirkan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan prinsip-prinsip Good governance dan clean government.

Hal ini sejalan dengan strategi pembagunan nasional dengan tiga strategi yaitu strategi, Pro-growth, pro-job, dan pro-poor. Dimana capain visi tersebut akan terinplementasi dalam 6 misi capain yaitu, meningkatkan kemakmuran dan kualitas hidup rakyat secara merata, meningkatkam daya dukun infrastruktur wilayah dan prasarana pelayanan dasar, meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat melalui reformasi birokrasi, meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, memenciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, meningkatkan kualitas dan penataan lingkungan hidup.

Bercermin dari pengalaman periode pertama pemerintahan NUSA  yang kini terpilih kembali untuk menakhkodai Provinsi Sulawesi Tenggara masa bakti 2013-2018 makadi bawah kepemimpinan Nur Alam, sejumlah capaian pembangunan telah di wujudkan dan di rasakan oleh masyarakat Sulawesi Tenggara.

Sulawesi Tenggara yang penduduknya bekerja sebagai petani, merupakan penyangga sector pembangunan di Sulawesi-tenggara dengan komuditi unggulan antara lain adalah kakao,cengkeh,kelapa dan lainya yang di usahakan melalui usaha perkebunan rakyat. Kakao merupakan komoditi perkebunan yang mengalami peningkatan produksi.

Pada sektor jasa dan kontruksi , seiring dengan perkembagan pembagunan dalam segala aspek , provinsi sulawesi tenggara, juga mengalami pertumbuhan sector kontruksi yang sangat pesat. Hal ini terjadi dalam upaya pemenuhan sarana dan prasarana wilayah, terutama dalam rangka memenuhi fasilitas pelayanan dasar.Pengankutan dan komunikasi juga meningkat di setiap kabupaten telah mendapatkan akses komunikasi .

Untuk pengembangan potensi daerah, beberapa fakta menunjutkan bahwa potensi perekonomian yang dapat di kelolah sebagai kekuatan antara lain potensi sumber daya alam dan sumber lain yang belum di kelolah secara optimal. Sistem tataran transportasi lokal yang perlu dikembangkan untuk mendukung dan menciptakan efesiensi dan efektifitas pengelolaan sumber daya ekonomi daerah dan meningkatkan nilai kompetetif dalam merebut investasi.

Kekutan sumber daya manusia yang memiliki karakter social wilayah yang milti etnis dan multi cultural serta bersifat terbuka yang saling membaur menyebabkan stabilitas politik lebih stabilitas. politik lebih stabil dan jauh konflik.dalam rangka penembangan MP3EI (Masterplan percepatan dan peluasan pembangunan ekonomi Indonesia) dan propinsi Sulawesi tenggara sebagai kawasan ekonomi khsusus pertambangan. provinsi yang memiliki potensi perikanan dan pertambangan berada posisi yang sangat di untungkan.

 

Strategi pembangunan daerah adalah merupakan penjabaran visi,misi yang akan ditempuh dalam mengimplementasikan dan mewujudkan visi dan misi provinsi. strategi pembangunan merupakan payung dalam merumuskan kebijakan dasar.

Acara yang dihadiri para pejabat, tokoh masyarakat, tokoh politik, LSM dan mahasiswa ini seolah meneguhkan komitmen Nusa untuk menjadi bagian tak terpisahkan dari seluruh elemen masyarakat daerah ini. TIM

 

 

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top