Connect with us

Menikmati Pizza Rumput Laut dari Konsel

Uncategorized

Menikmati Pizza Rumput Laut dari Konsel

 

KONSEL, SUARA KENDARI.Com-Selama ini kita mengenal kuliner pizza hanya di perkotaan, namun kini hidangan kuliner asal negeri italia sudah bisa dirasakan di pelosok pedesaan, khususnya masyarakat di daerah pesisir.

Inilah yang dilakukan  sekelompok ibu-ibu nelayan di Desa Pundabea Barata, Kecamatan Moramo Utara , Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara yang membuat makanan siap saji seperti pizza berbahan  rumput laut.

Nah, menyulap rumput laut menjadi pizza tentu tidak hadir begitu saja. Bermula dari inisiatif pemerintah konawe selatan melalui dinas perikanan dan kelautan setempat , yang memberikan pembekalan pengetahuan pada warga nelayan di desa tersebut. Pelatihan pembuatan kuliner ini pun disambut antusias warga khususnya ibu-ibu nelayan setempat.

“Mula-mula kami  juga bingung, itu makanan apa itu, setelah diajari barulah bisa membuatnya dan baru tau namannya pizza,”ujar Wati, warga setempat.

Melalui bimbingan sejumlah tenaga sukarela dari perguruan tinggi, warga diajari membuat  makanan siap saji seperti pizza, bakso dan dodol berbahan rumput laut.

“Selama ini pizza dibuat dengan bahan umum seperti tepung dan sayuran, tapi melalui kegiatan pesisir ini kami membantu warga membuat pizza berbahan ruput laut,”kata Triningsih, tenaga penyuluh perikanan kepada Suara Kendari.

Beberapa bahan pembuat pizza disiapkan seperti, tomat,margarin , tepung , telur dan tentu saja bahan utama rumput laut segar. Seluruh bahan tersebut dicampur  dan di aduk rata.

Pengerjaan dilakukan bersama dan sebagian ibu mencatat bahan dan elihat laingsung cara pembuatannnya. Setelah diaduk rata, bahan kemudian dibentuk menjadi pizza dan ditaburi keju kemudian di bakar dalam oven pemanas.

Sebagai bahan campuran lain, jika pizza menggunakan tutupa sosis, warga menyulap dengan mengganti sosis dengan bakso berbahan rumput laut. Setelah di panaskan beberapa menit, pizza  siap dihidangkan dan hasilnya tak kalah seperti pizza yang dijual di toko-toko kuliner.

Sejumlah warga cukup menikmati pizza buatan warga nelayan tersebut , bahkan  mengaku baru  merasakan makanan pizza seumur hidup. YOS

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top