Mengintip Tradisi Bangka Mbule-Mbule di Wakatobi

0

WAKATOBI, SUARAKENDARI.COM-Pesona budaya di negeri kepulauan tukang besi seolah tak pernah ada habisnya. Tradisi warisan leluhur masyarakat  Wakatobi ibarat mata air yang tak pernah kering dan selalu hidup sepanjang waktu. Salah satunya adalah tradisi adat Bangka Mbule-Mbule yang merupakan tradisi adat  upacara melarung hasil bumi ke laut sebagai ucapan syukur pada maha pencipta.

Tradisi ini sering dilakukan masyarakat Desa Mandati, Wakatobi yang melarung berbagai hasil bumi itu seperti padi, jagung, dan pisang.

Sebelum dilarung ke laut, ada dua prosesi yang wajib dilakukan. Pertama, hasil bumi diletakkan dalam perahu kayu yang dihiasi dengan sepasang orang-orangan sebagai simbol kejahatan. Kedua, perahu yang sudah berisi hasil bumi ini kemudian diarak keliling kampung guna mengusir mara bahaya yang akan mengganggu desa. Nah, perahu yang membawa hasil bumi yang akan dilarung ini disebut Mbule-Mbule.

Orang-orangan yang dihias kemudian diletakkan dalam perahu kayu saat upacara adat Bangka Mbule-Mbule, yaitu upacara melarung hasil bumi ke laut.

Tujuan dari acara Bangka Mbule-Mbule adalah untuk mengucapkan syukur sekaligus menghindari bencana, seperti bencana alam, mewabahnya penyakit, atau persoalan sosial yang dapat mengakibatkan gangguan di masyarakat. (Ahmad Nizar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.