Connect with us

Mengintip Kekompakan Komunitas The Reds Kendari

Metro

Mengintip Kekompakan Komunitas The Reds Kendari

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Sepak bola tak sekedar olah raga, namun lebih dari itu, sepak bola adalah bahasa universal yang dapat menyatukan dunia. Bersamaan dengan lahirnya komunitas-komunitas suporter klub sepak bola mancanegara di Indonesia merupakan salah satu trend yang mengemuka saat ini. Ada sedikitnya puluhan suporter klub mancanegara ini baik yang sudah resmi diakui oleh klub yang didukung atau yang belum, termasuk The Reds Kendari, sebuah wadah komunitas supporter Liverpool FC di kota Kendari. Berdirinya komunitas ini didasari oleh kecintaan yang begitu besar terhadap klub sepakbola yang bermarkas di Stadion Anfield, kota Liverpool, atau lebih familiar dengan julukan The Reds.

Bila dilihat dari sisi jumlah piala yang telah dimenangkan, Liverpool dapat dianggap sebagai tim paling sukses di Inggris. Hal itu karena The Reds merupakan juara terbanyak Divisi Satu Inggris selama 18 kali, dan juga di ajang Piala Eropa/Liga Champions selama 5 kali. Sayangnya tim ini belum pernah sekalipun merasakan gelar juara sejak terakhir kali menjuarai Liga Primer Inggris musim 1999/2000 (sudah 24 tahun lamanya).Tetapi kalau peringkat di klasemen Liga Primer hingga sekarang ini yang menjadi patokannya, maka fans Liverpool dapat menjadi optimis kalau tahun ini akhirnya akan menjadi waktu di mana trofi juara domestik di Inggris akan bermarkas kembali di Anfield.

Berawal dari seringnya para penggemar Liverpool yang datang menikmati setiap pertandingan yang di siarkan oleh stasiun TV pada kafe-kafe ataupun kedai kopi di kota kendari. Hingga kemudian mereka membentuk komunitas sendiri dan bertemu pada setiap acara ‘Nobar’, Nonton bareng, sekitar awal tahun 2010. Seiring dengan bertambahnya anggota komunitas The Reds Kendari, maka pada tanggal 26 April 2014 TheReds Kendari secara resmi terbentuk yang di inisiasi awal oleh Imanche Al Rachman, salah seorang aktivis NGO yang juga masih menjabat sebagai direktur eksekutif LSM Komnasdesa-Sultra. Sebagai bukti kecintaan beliau terhadap Tim Liverpool FC, beliau menghibahkan salah satu ruangan di kantornya menjadi markas sekalian Sekretariat The Reds Kendari. Pada pembentukan komunitas The Reds ini, terpilih saudara Rahman Arif sebagai Ketua Sementara.

Pembentukan komunitas The Reds ini, disamping untuk persiapan terbentuknya wadah resmi supporter Liverpool di Indonesia, Big Reds Indonesia Regional #Kendari. Sebagai bentuk persiapan membentuk member regional resmi, telah disusun juga beberapa agenda rutin komunitas The Reds seperti Nobar (Nonton Bareng), Futsal, Diskusi/share seputar Liverpool FC maupun lingkup sepakbola, latihan chant (nyanyian ciri khas supporter dalam mendukung timnya yang sedang bertanding), dan beberapa kegiatan lainnya.

Di samping itu, komunitas The Reds Kendari tidak semata mengagendakan atau membahas isu penting maupun wacana seputar dunia sepakbola ataupun Liverpool semata, tetapi lebih pada bagaimana membangun mental dan karakter anggota komunitas untuk lebih berpikir kreatif dalam melihat fenomena kehidupan social-lingkungan kemasyarakatan di wilayah kota kendari dan sekitarnya di lingkup Sulawesi Tenggara maupun Indonesia secara general. Ada beberapa contoh aktivitas yang telah di desain oleh komunitas The Reds Kendari, misalnya ikut terlibat dalam setiap perayaan momentum seperti Peringatan Hari Bumi, dengan agenda penanaman pohon pada lahan kritis maupun program bersih-bersih pantai. Serta kampanye media.

Berikut untuk informasi member maupun informasi lebih lengkap dapat menghubungi secretariat The Reds Kendari:Sdr Ancha (Koordinator Kesekretariatan) HP: 0852 990 110 87 Kompleks Perumahan Dosen Unhalu (Kampus lama kemaraya) Blok F/ No. 18, Kel. Lahundape, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. (CHE)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top