Mengintip Keberhasilan Kinerja Pelayanan JKN Kendari

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Kepedulian Wali Kota Kendari terhadap layanan kesehatan di tingkat rumah sakit maupun puskesmas memberikan dampak yang positif terhadap hasil penilaian kinerja pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2014.
Hasil audit kinerja JKN tahun 2014 kota Kendari mendapat predikat sangat berhasil dengan total skor 96 persen dari 3 aktifitas utama penilaian yakni perencanaan, pelaksanaan Program dan pelaporan.
Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Kendari, Hasria menjelasakan, dari 3 Aktifitas utama penilaian itu,sebagain besar mendapat peserntase 100 persen diantaranya pada item pelaksanaan program dan pelaporan,yang melipuri ketersediaan tempat tidur, ketersediaan tenaga kesehatan, ketersediaan obat dan bahan medis habis pakai, ketepatan waktu pembayaran klaim dan pelaporan.
“Kota Kendari mendapat predikat sangat berhasil dengan skor 96 persen, sedangkan 4 persennya hanya pada ketersediaan sarana dan prasarana puksesmas, tapi tahun 2015 insya Allah kita sudah benahi” ujarnya.
Pembenahan dan penambahan fasilitas puskesmas yang dilakukan meliputi Puskesmas Puwatu, Nambo, Wua-wua dan Puskesmas Mata, sehingga tahun 2015 ini kota Kendari bisa mendapat nilai maksimal.
Untuk meningkatkan layanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) (baca;Puskesmas) Dinas Kesehatan Kota Kendari juga menyeleksi 15 FKTP untuk mengikuti lomba tingkat Kota Kendari.
Dari 15 FKTP, kemudian dinas kesehatan memilih 5 Puksesmas untuk mengikuti seleksi untuk mewakili kota Kendari pada lomba di tingkat Nasional.
“ Indicator penilaian 15 puksesmas ini berdasarkan sistem pelaporan dan menejemen yang disampaikan secara rutin pada dinas kesehatan, dan dari penilaian itu keluarlah 5 puskesmas yang akan diverifikasi kembali dan akan di kirimkan ke pusat untuk mewakili kota Kendari pada lomba FKTP berprestasi ditingkat nasional” jelasnya.
5 puskesmas yang mengikuti seleksi yakni, Pukesmas Benu-benua, Kemaraya, Kandai, Lepo-lepo dan Poasia. (ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *