Connect with us

Mendorong Lahirnya Kampung Adat Tolaki di Kecamatan Benua

Pariwisata

Mendorong Lahirnya Kampung Adat Tolaki di Kecamatan Benua

Mendorong Lahirnya Kampung Adat Tolaki di Kecamatan Benua

SUARAKENDARI.COM-Kekayaan khasanah budaya dan adat istiadat di daratan Konawe kembali menginspirasi para penggiat Komunitas Ruruhi Project untuk mendorong lahirnya kampung adat. Adalah Kecamatan Benua, Kabupaten Konawe Selatan yang dipilih menjadi lokasi dampingan Komunitas Ruruhi Project berikutnya. Sebelumnya Komunitas Ruruhi juga telah berhasil menginiasiasi lahirnya Desa Wisata di Desa Namu Kecamatan Laonti, sebuah desa pesisir di Kabupaten Konawe Selatan dan telah ditetapkan sebagai daerah destinasi wisata baru oleh pemerintah daerah Konawe Selatan.

“Kami melihat potensi besar di Benua untuk menjadi daerah pariwisata berbasis kearifan lokal budaya dan adat istiadat,”kata Yasrin Fior Polingay, Ketua Komunitas Ruruhi Project. Sebagai langkah awal, lanjut pria yang akrab disapa Fior, dirinya bersama sejumlah penggiat Ruruhi Project telah  melakukan pertemuan perdana dengan unsur masyarakat di Kecamatan Benua, Senin (27/3/17), seperti pemerintah kecamatan, pemerintah desa, tokoh adat, tokoh pemuda setempat.

“Dalam pertemuan itu kami berdiskusi banyak hal, tentang potensi-potensi yang di miliki desa,”ungkapnya.

Ruruhi Project juga menemukan banyak peninggalan seni dan budaya Tolaki yang masih ada hingga kini. “Dan yang terpenting para pelaku seni budaya masih ada yang masih melestarikan kasanah budaya itu,”ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Ruruhi Project juga menekankan pentingnya kesadaran dan kemauan kuat untuk  membangun kampung adat sebagai modal untuk terus melestarikan aset-aset adat Tolaki yang masih tersisa.

Camat Benua, Rasul menyambut baik Komunitas   Ruruhi Project untuk membantu menginisiasi lahirnya kampung adat di Desa Benua. “Kami berterimakasih pada kawan-kawan Ruruhi Project yang sudah mau membantu menginisiasi lahirnya kampung adat di wilayah Benua dan Insya Allah kita akan bekerja keras bersama-sama mewujudkan terlaksananya kegiatan ini demi menyelamatkan aset budaya Tolaki,”ungkapnya. (YOS)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pariwisata

To Top