Connect with us

Mencumbu Tumburano, Wisata Air Terjun Jatuh Cinta

Uncategorized

Mencumbu Tumburano, Wisata Air Terjun Jatuh Cinta

KONKEP,SUARAKENDARI-Obyek wisata tumburano kini resmi menjadi wisata andalan kabupaten konawe kepulauan. Lokasi hanya berjarak 30 KM dari ibu kota Konkep di Langara. Sayang akses transportasi jalan yang rusak parah membuat lokasi wisata sedikit sulit terjangkau kendaraan, baik roda empat mapun roda dua.

Namun, saat tiba di lokasi dijamin kelelahan melewati jalan rusak akan terbayarkan dengan panorama eksotik obyek wisata kebanggaan masyarakat Konkep tersebut. Obyek wisata tumburano berada di wilayah administrasi Desa Tumburano Lansilowo, Kecamatan Wawonii Utara, Konkep.

Tumburano memang berbeda dengan kebanyakan obyek wisata air terjun di Sultra seperti Moramo. Waterfall tumburano memiliki dua tingkat teras air, teras pertama memiliki puncak teras setinggi 90 meter dan diberinama tumburantama dan teras kedua setinggi 30 meter diberinama tumburantina.

Tumburano sendiri berasal dua suku kata yakni, tumbu dan rano yang artinya tempat jatuhnya air atau air jatuh. Debit air yang berasal dari tumburano sangat melimpah sehingga saat membentur dasar sungai air menciptakan uap besar di sekitarnya.

Panorama tumburano yang indah memikat hati orang nomor satu di Konkep tersebut. Bahkan, Nur Sinapoy sudah dua kali memboyong keluarga menikmati alam tumburano.

“Panoramanya sangat indah, saya dan keluarga sangat menikmati wisata tumburano dan ini ke depan air terjun ini sangat potensi dijadikan obyek wisata andalan daerah konkep,”katanya.

Tak hanya bupati dan para pejabat SKPD di konkep yang menikmati, ratusan warga wawonii dan juga warga asal Kendari dan Makassar menyempatkan diri berwisata di daerah ini. “Jujur saya hanya mendengar dari orang-orang dan membuat penasaran sehingga saya menyempatkan diri ke tumburano,”kata Ishak, warga Kendari.

Waterfall tumburano sangat eksotik, dengan hanya membeli tiket masuk ke area wisata sebesar 15 ribu rupiah warga sudah dapat menikmati panorama alam tumburano yang elok Saat lebaran Idul Fitri lalu, warga yang mendatangi obyek wisata tumburano mencapai ribuan orang, dengan pendapatan perhari diobyek wisata mencapai 20 -30 juta rupiah. YOS

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top