Connect with us

Menanti Kiprah Pabrik Gula Konsel

Bisnis

Menanti Kiprah Pabrik Gula Konsel

KONSEL, SUARAKENDARI.COM-Pabrik gula  segera dibangun di kabupaten Konawe Selatan. Jadi masyarakat tak perlu lagi jauh-jauh belajar proses pembuatan gula hingga keluar Konsel sana, seperti yang selama ini berlaku. Dimana, dulunya, warga harus ke Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan untuk belajar. “Kita berharap nantinya warga sudah bisa melihat sekaligus bekerja di pabrik pembuatan gula di daerahnya sendiri.”kata DR Arsalim Arifin, Kepala Bappeda Konawe Selatan.

Menurutnya tidak ada lagi persoalan yang menghambat pembangunan pabrik gula di Konsel, sehingga sesegera mungkin pihak perusahaan membangun pabrik, agar masyarakat bisa bekerja mendapatkan penghasilan yang layak dan menggenjot APBD, serta mengurangi pengangguran khususnya di Konsel dan pada umumnya di Sultra,”ungkapnya.

Pembangunan pabrik gula ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang menyambut baik proyek percepatan pembangunan pabrik gula Bahteramas di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Wakil Gubenur Saleh Lasata menyatakan, kebijakan nasional untuk memenuhi kebutuhan gula nasional harus menjadi prioritas utama dengan tidak mengesampingkan aturan yang menjadi kepentingan bersama, baik pemerintah daerah maupun provinsi termasuk investor.

“Dan tak ada lagi alasan untuk menghambat proses pembangunan pabrik gula di daerah ini,”jelasnya.

Tercatat, luas wilayah daerah berjuluk Laiwoi Selatan ini mencapai 451.421 ha atau 11,83 persen dari luas wilayah daratan Sulawesi Tenggara. Dengan luas wilayah yang ada diperkirakan dapat menyuplai kebutuhan gula nasional. Dan yang terpenting keehadiran pabrik dapat memberdayakan masyarakat setempat untuk bekerja mendapatkan penghasilan yang layak dan pada gilirannya mengurangi pengangguran.

Kehadiran investor yang menanamkan modal di sector perkebunan tebu mendapat dukungan warga. “Sebagai warga masyarakat saya sangat mendukung pembangunan pabrik gula di daerah saya dan saya warga nantinya bisa diberikan lapangan kerja,”ujar Usman, warga Desa Lolobao bangga.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top