Connect with us

Menanti Kewenangan Besar Camat di Konsel

Uncategorized

Menanti Kewenangan Besar Camat di Konsel

 

KONSEL, SUARAKENDARI.Com- Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan telah melimpahkan sebagian kewenangannya kepada pemerintah kecamatan. Kewenangan yang dilimpahkan diantaranya, kewenangan perizinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi dan penyelenggaraan. Bahkan pelimpahan kewenangan itu sudah dituangkan dalam draf Peraturan Bupati tahun 2012, setelah sebelumnya tertuang dalam peraturan daerah yang disahkan DPRD Konawe Selatan.

“Dengan adanya peraturan bupati maka tujuh kewenangan tersebut tidak perlu lagi Bupati yang mengeluarkan atau menandatanganinya, cukup camat saja,” ujat Bupati Konsel H Imran, dalam berbagai kesempatan.

Menurut Imran, dasar dari pelimpahan sebahagian kewenangannya itu, sesuai dengan Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan kecamatan, dimana dalam pasal 126 ayat 2. camat dalam pelaksanaan tugasnya juga memperoleh pelimpahan sebahagian wewenang Bupati untuk menangani urusan otonomi daerah. “Salah satu contoh, pemberian Izin Usaha (Situ) Surat Izin Gangguan (HO) dan SIUP bagi usaha yang ada dilingkup kecamatan,” terangnya.

Pelimpahan kewenangan kepada Camat itu akan memudahkan bagi pemerintah daerah dan instansi teknis, serta yang paling mendasar adalah kemudahan bagi masyarakat yang hendak mengurus perizinan, terkait usahanya di kecamatan atau di desa dalam suatu Kecamatan.

“Kecuali wilayahnya melebihi dua atau lebih dari Kecamatan, maka perizinan itu masih menjadi kewenangan Bupati melalui kajian dari instansi terkait. Misal izin usaha perkebunan atau pertambangan,” tegasnya.

Begitu juga dengan kewenangan rekomendasi, camat juga diberikan ruang untuk merekomendasi penerbitan izin pendirian rumah ibadah, rekomendasi dalam pengajuan kredit, baik bank maupun non bank dan masih banyak lagi. “Penyerahan kewenangan ini dimaksudkan agar masyarakat yang mendapatkan pelayanan dapat lebih cepat, sementara  bupati tinggal menunggu laporannya,”tandasnya. JS

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top