Connect with us

Membangun Sinergitas Demi Keamanan Pemilu

Hukum & Kriminal

Membangun Sinergitas Demi Keamanan Pemilu

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Menjelang penggelaran Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), pada April mendatang, Kapolda Sultra Brigjend Polisi Arkian Lubis menggelar tatap muka bersama ketua 12 partai Politik (Parpol) Se SulawesiTenggara, dan diikuti pula oleh unsur penyelenggara pemilu , di Markas Kepolsian Daerah Sulawesi Tenggara, Rabu (26/2) yang lalu.

Dihadapan para Petinggi Parpol di Sultra tersebut, Kapolda mengatakan, tahun ini adalah tahun politik, maka dalam persiapan pelaksanaan pesta demokrasi ini, semua partai politik diharapkan harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban dalam melaksanakan ritual berpolitik.

“Dalam menjaga kondisi keamanan, ketentraman, dan ketertiban dalam jelang pemilu baik legislatif maupun presiden, harus ada sinergitas antara pihak penyelenggara pemilu, yakni KPU, Bawaslu, Parpol dan pihak terkait lainnya. Sehingga setiap ada masalah dapat dikoordinasikan secara baik, jadi tidak sampai menimbulkan masalah,” ujar Arkian Lubis.

Pada kesempatan Kapolda juga mengharapkan kepada Aparat keamanan dan penyelenggara pemilu agar tetap menjaga netralitas menjelang pemilu mendatang.

Kegiatan yang berlangsung di aula Dhacara Polda Sultra, Arkian Lubis juga meminta kepada peserta Pemilu agar tidak diskriminatif terhadap parpol peserta pemilu lainnya, dan untuk Aparat keamanan dan Penyelenggara agar tidak menganaktirikan parpol-parpol tertentu serta adil untuk semua.

Acara yang dikemas dalam suasana keakraban, silaturahmi Kapolda Sultra dengan Ketua DPD/DPW Parpol Provinsi Sulawesi Tenggara tersbut, nampak para petinggi partai politik duduk dalam satu meja.

Dari 12 partai politik yakni Partai Nasdem, PKS, PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, Hanura, PBB, dan PKPI hanya ketua partai Golkar dan PAN yang di wakili oleh Sekretaris partainya. nampak hadir pula ketua KPU, perwkilan dari Bawaslu, Unsur Kejaksaan Tinggi dan TNI.

Bawaslu yang berkesempatan menyampaikan himbauanya, mengaharapkan kepada semua parpol agar tidak bandel dan mengikuti aturan yang telah dikeluarkan, dengan tidak lagi melakukan memasang baliho-baliho di tempat umum seperti Rumah Ibadah, Kantorpemerintahan.

“KPU dan Bawaslu sudah berkali-kali memberitahukan kepada peserta pemilu dan Calon legislatif untuk segera menertibkan atribut-atribut peraga sosialisasi tetapi tak pernah diindahkan,”ujar Hadi Mahmudi, salah satu anggota Bawaslu Sultra.

Di acara yang sama para pimpinan Parti politik juga di berikan pemahaman, tentang mekanisme surat penyampaian kegiatan Kampanye, melalui surat tanda terima Pemberitahuan kampanye, olehg Dir Intelkam Polda Sultra. (MAN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top