Connect with us

Masyarakat Muna Desak Pemekaran Munbar  

Uncategorized

Masyarakat Muna Desak Pemekaran Munbar  

RAHA,SUARAKENDARI.COM-Pemekaran Muna Barat (Mubar) sebagai salah satu Daerah Otonom Baru (DOB) di Sultra mulai digodok di komisi II DPR RI sejak tahun 2004 lalu. Namun hingga kini, pemekaran tersebut tak kunjung terealisasi.

Namun  kabar  terkini yang diperoleh dari Jakarta, pada tanggal 16 Juni mendatang akan digelar rapat paripurna pengambilan keputusan tingkat II pengesahan RUU DOB Mubar oleh Komisi II.

Sayangnya  informasi tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya,. Bahkan realisasi pemekaran Mubar tahun ini makin tidak jelas.  Olehnya itu sejumlah aktifis Forum Pemerhati Percepatan Pemekaran Mubar (FP3MB) dan Barisan Muda Muna Barat (BMMB) menggelar aksi unjuk rasa di pertigaan tugu Lagadi Kecamatan Lawa dan Kantor Bupati Muna,untuk meminta kejelasan akan kepastian teragendanya kembali pembahasan Mubar di Komisi II RI.

Dalam orasinya,koordinator lapangan, Nur Arduk melontarkan,masyarakat sudah bosan dan jenuh dengan janji-janji Pemkab Muna yang akan mewujudkan Mubar sebagai DOB. Apalagi Bupati Muna,LM Baharuddin telah berjanji di hadapan masyarakat Mubar,akan merealisasikan pemekaran. Malah yang terjadi,Mubar saat ini malah tersandra dengan calon DOB Buton Tengah dan Buton Selatan. “Kami ingin ada langkah-langkah ril yang ditempuh Pemkab Muna untuk memuluskan pemekaran Mubar,karena secara administrasi,Mubar sudah memenuhi syarat untuk mekar dan dinyatakan klir untuk dibentuk sevagai sebuah DOB,”orasi La Ode Agus.

Menjawab tuntutan para demonstran,Sekda Muna,Nurdin Pamone menjelaskan bahwa dari sisi apapun Mubar sudah rampung. ,Namun dalam perjalanannya,Komisi II DPR RI menginginkan agar Sultra memekarkan tiga DOB,Buteng,Busel dan Mubar. “Ibarat orang yang ujian,Mubar sudah bebas kuliah. Kendalanya bukan sama kita (Mubar (red),”terangnya.

Mantan Sekwan DPRD Kota Kendari ini mengatakan, Komisi II DPR RI akan kembali mengagendakan rapat pemekaran pada tanggal 16 Juni mendatang. Namun sebelumnya kata dia,Komisi II akan mengadakan rapat internal  dengan Kemendagri,DPD dan Depkumham terkait pemekaran ini.

“Persoalannya saat ini hanya penyesuaian waktu antara Kemendagri dan Komisi II. Informasinya hari Selasa pekan depan akan digelar rapat interen,setelah itu akan mengagendakan pembahasan Mubar di Komisi II. Untuk perkembangannya kami akan informasikan kepada anda,”janjinya di hadapan pendemo. (TRI )

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top