Connect with us

Massa Parpol Duduki Kantor Panwas Konut

Hukum & Kriminal

Massa Parpol Duduki Kantor Panwas Konut

KONAWE UTARA, SUARAKENDARI.COM- Suasana kian memanas pasca  beredarnya video amatir Bupati Konawe Utara, Aswad Sulaiman yang sedang mengarahkan Pegawai Negeri Sipil(PNS) unutk memenangkan salah satu Caleg Partai Demokrat, serta video pejabat Konawe Utara yang membagi – bagikan uang pada PNS dilaporkan ke Panitia Pengawas Pemilu.

Kamis siang kemarin ribuan dari 10 partai politik yang tergabung dalam Forum Lintas Partai Politik, Tokoh Masyarakat dan Pemuda Konawe Utara Untuk Pemilu Bersih Jujur dan Adil, menduduki  kantor Panitia pengawas pemilu (Panwas) Kabupaten Konawe Utara, di Wanggudu sebagai tanda protes atas apa yang mereka sebuah sebuah tindakan kecurangan menjelang pemilu 2014 itu.

Para tokoh politik melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu yang dilakukan Bupati Konut yang tidak lain adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Konawe Utara tersebut.

Massa forum yang datang sekitar pukul 10:00 pagi tersebut mendapat pengawalan ketat dari Satuan kepolisian Polres Konawe, suasana sempat memanas saat Ketua Panwas Konut Marwan Khalik, menerima para pengunjuk rasa di depan halaman Sekretariat Panwas Konut sempat terlibat perdebatan.

Pihak panwas mengaku, selama ini Panwas belum menerima laporan resmi hanya sebatas penyampaian. “Hingga saat ini kami (Panwas) belum menerima laporan dari partai politik, maupun panwas kecamatan dan panwas Lapangan, panwaslu Konawe Utara akan dan siap menerima laporan, berdasarkan mekanisme Panwaslu Konut akan mengkaji dan selanjutnya ketika memnuhi persyartan akan kami teruskan ke pihak yang berwajib ketika itu termasuk tindak pidana,”ujar Marwan Khalik.

Marwan mengatakan, laporan harus memenuhi dua alat bukti, yakni alat bukti formal dan meateril, ada pelapor yang akan di terima untuk di buatkan berita acara, alat bukti materil itu harus memenuhi syarat identitas pelapor, nama, alamat , waktu uraian kejadian dan saksi-saksi yang akan di mintai klarifikasi.

Jawaban ini membuat para perwakilan parpol yang hadir saat itu bersamam -sama menandatangani berita acara laporan ke panwas yang disaksikan Kapolres Konawe AKBP Dr Barito Mulyo Ratmono.

Panwas berjanji akan mengkaji laporan tersebut dalam waktu 7 x 24 jam, dan segera memanggil para skasi untuk dimintai keterangan. Massa medesak Panwas agar segera melakukan tindakan terhadap pelanggaran yang di lakukan Pejabat Bupati Konawe utara beserta kroni – kroninya apabila hal tersebut tidak diindahkan, massa mengancam akan memboikot seluruh tahapan pemilu di Kabupaten Konawe Utara (MAN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top