Mantan Bendahara KPU Kota Kendari Ditahan

SUARAKENDARI.COM, Mantan Bendahara KPU Kendari, Purbatin Hadi, ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kendari, Kamis (15/10/2015). Penahanan Purbatin Hadi dilakukan atas dugaan kasus dana hibah Pilwali 2012. Setelah diperiksa dan ditetapkan sebagai tersangka oleh kejaksaan, Purbatin langsung dibawa ke Rutan Kendari untuk ditahan dengan menggunakan kendaraan roda empat dengan plat no DT 805 KN.

Nurul Yakin, Kasipidsus Kejari Kendari, mengatakan bahwa penahanan kepada Purbatin dilakukan setelah pihak kejaksaan melakukan pemeriksaan kepada 11 orang saksi dan telah cukup bukti.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan kepada 11 orang saksi terkait, setelah cukup bukti maka kami melakukan penahanan, total kerugian negara yakni sebesar 1,3 Milyar dari total dana hibah sebesar 15 Milyar,” terangnya.

Terkait saksi yang telah diperiksa, ia menuturkan semua mantan komisioner saat itu. Saat ditanya target selanjutnya, Nurul tidak bisa menyebutkan hal itu.

“Target kami tidak punya target, hanya saja kalau cukup bukti kasus ini akan terus dikembangkan, siapa yang terlibat menggunakan dana tersebut pasti akan kita tahan juga,” tegasnya.

Pengacara Purbatin, Supriady SH, mengatakan bahwa pihaknya masih akan melihat perkembangan kasus tersebut untuk melihat tindakan apa yang akan diambil selanjutnya. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *