Makelar CPNS Diciduk Polisi, 43 Orang Jadi Korban

0

Suarakendari.com – Seorang warga Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu, Yunus Sanggo  terpaksa harus berurusan dengan aparat kepolisian setelah diduga menjadi pelaku penipuan terhadap warga yang hendak menjadi PNS.

Kapolsek Mandonga AKP Robby Topan Manusiwa mengatakan modus pelaku dalam melancarkan aksi penipuan yakni dengan mengiming-imingi korbannya untuk di janjikan masuk PNS dengan menyetor sejumlah uang.

Para korbannya yang berhasil di identifikasi sebanyak 43 orang. Adapun jumlah uang yang diminta pelaku kepada korbannya bervariasi tergantung kualifikasi pendidikan dari para korbannya, mulai dari 25 juta rupiah sampai 80 juta rupiah.

Adapun total jumlah uang yang sudah diperoleh pelaku dari para korbannya sebanyak 1,1 milyar rupiah. Kasus penipuan pelaku sudah dilakukan sejak tahun 2008 lalu.

Terungkapnya aksi pelaku berdasarkan laporan salah seorang korbannya yang melapor ke polsek mandonga, kemudian ditindak lanjuti untuk di lakukan penyelidikan dan penyidikan sehingga pelaku berhasil ditangkap. Dari tangan pelaku polisi menyita barang bukti seperti kwitansi penyetoran uang dari para korban dan daftar nama-nama sejumlah korbannya dengan besaran uang yg di berikan serta kartu identitas berupa KTP dari pelaku atas perbuatannya pelaku di kenakan pasal 372 subsider 378 tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Sementara itu salah seorang korban dari aksi penipuan pelaku Raenani mengatakan dirinya sangat mempercayai pelaku karena sudah lama berkenalan, saat itu dirinya tidak menaruh curiga saat pelaku menawarkan untuk diurus menjadi PNS di kabupaten konawe selatan dan langsung menyerahkan sejumlah uang, namun saat waktu di janjika  dirinya tidak kunjung di angkat menjadi PNS, sehingga dirinya bersama rekan lainnya yang merasa ditipu oleh pelaku berinisiatif melapor ke polisi. YJ

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.