Makanan Sehat Cegah Osteoporosis

Osteoporosis kerap menyerang wanita, tapi bukan berarti para pria bebas dari ancaman pengeroposan tulang. Seperti halnya pada wanita, osteoporosis pada pria juga terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Namun, ada beberapa faktor risiko pembeda yang menyebabkan osteoporosis pada pria yaitu minum alkohol terlalu banyak, merokok, jarang berolahraga, terlalu kurus, kekurangan vitamin D maupun kalsium, dan beberapa hal lain. Memang, tidak ada pengobatan yang bisa mengatasi osteoporosis. Kabar baiknya Anda dapat memperlambat atau bahkan menghentikannya dengan beberapa cara sehat ini.

Konsumsi Susu

Salah satu cara terbaik untuk membangun tulang yang kuat bisa Anda lakukan dengan mendapatkan kalsium dari susu dan produk olahannya seperti yoghurt dan keju. Pilih yang yang rendah lemak atau tanpa lemak, seperti susu Ultra Low-Fat High Calcium. Memiliki rutinitas minum susu secara teratur, selain mendapatkan rasa nikmat, juga akan membantu Anda mencegah pengeroposan tulang.

Manfaat Sayuran Hijau

Penelitian terbaru menunjukkan, sayuran berwarna hijau seperti brokoli, kangkung, dan sawi bisa membantu Anda mencegah tulang rapuh karena mengandung kalsium dan vitamin K. The National Osteoporosis Foundation merekomendasikan dosis kalsium yang berbeda kepada wanita dan pria. Untuk wanita di bawah usia 50 tahun dianjurkan mengonsumsi 1.000 miligram, dan wanita yang lebih tua dosisnya 1.200 miligram. Sedangkan untuk pria di bawah usia 71 tahun, dianjurkan dengan dosis 1.000 miligram, dan pria yang lebih tua, 1.200 miligram.

Kesegaran buah-buahan

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, jambu, strawberry, dan nanas. Buah-buahan tersebut menyediakan vitamin C yang mampu memperkuat tulang. Jangan lupa juga pisang dan apel sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *