Connect with us

Mahasiswa Minta Caleg Bermasalah Tidak Dilantik

unjuk rasa mahasiswa

Metro

Mahasiswa Minta Caleg Bermasalah Tidak Dilantik

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Peduli Demokrasi (APMPD) mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (1/10/2014). Kedatangan massa aksi hari itu meminta kepada Panitia pelantikan bagi Calon Anggota Legislatif (Caleg) terpilih untuk tidak melakukan pelantikan kepada seluruh anggota dewan pada tanggal 6 Oktober mendatang.

Koordinator massa aksi, Nukman, mengatakan bahwa terdapat fakta di lapangan, salah seorang caleg, Hasan Mbou yang berasal dari Partai Hanura, suaranya dicurangi sehingga ia tidak bisa kembali duduk di parlemen.

“Kami hanya menginginkan semua wakil rakyat yang dilantik nanti merupakan pilihan rakyat, bukan dilahirkan dari kecurangan, hal itu sudah terjadi didepan mata, Hasan Mbou merasa suaranya dicurangi untuk Dapil IV yakni Buton, Bau-Bau dan Wakatobi, sehingga beliau tidak bisa duduk karena ada yang bermain,” teriaknya.

Massa meminta kepada panitia pelantikan untuk tidak melakukan pelantikan kepada mereka yang masih dalam proses atau bermasalah, agar tidak merugikan suara rakyat.

Pemilihan yang telah dilakukan pada tanggal 9 April lalu, merupakan pemilihan langsung yang merupakan kepercayaan rakyat, jadi tidak boleh diingkari.

“Dewan itu merupakan wakil rakyat, jadi kami hanya ingin semua yang dilantik itu merupakan wakil rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, bukan mereka yang akan dilantik karena sudah mencuri suara yang lain, apa jadinya gedung ini jika hanya dihuni oleh orang-orang yang tidak diinginkan rakyat,” cetusnya.

Sayangnya, tidak seorang pun anggota dewan yang ada dalam gedung terhormat hari itu, massa aksi hanya ditemui oleh Humas Sekretariat DPRD Sultra, Hajra dan menjanjikan kepada massa aksi untuk melakukan hearing atau dengar pendapat tiga hari mendatang.

“Apa yang disampaikan hari ini akan saya sampaikan kepada anggota dewan, kami juga akan mengundang massa aksi untuk melakukan dengar pendapat secara langsung dengan anggota dewan tiga hari kedepan,” katanya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top