Connect with us

Mahasiswa Kedokteran UHO Peringati Hari AIDS

Metro

Mahasiswa Kedokteran UHO Peringati Hari AIDS

 

KENDARI,SUARAKENDARI.com- Puluhan mahasiswa kesehatan dan kedokteran Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), membagikan bunga, pin dan selebaran tentang bahaya HIV/Aids kepada anggota DPRD Sultra pada peringatan hari Aids sedunia, Senin (1/12/2014).

Kegiatan itu dilakukan saat para wakil rakyat tengah menggelar rapat dengan anggota KPUD dan pejabat pemerintah provinsi Sultra di gedung DPRD. Rapat yang membahas tentang pilkada serentak akhirnya ditunda selama lima menit, untuk menerima bunga dari para mahasiswa dan Komisi Penanggulangan Aids (KPA)Sultra.

Tak hanya di gedung DPRD, mahasiswa bersama KPA Sultra juga mendatangi kantor-kantor pemerintahan di sekitar jalan Abdullah Silondae Kendari mengkampanyekan akan bahayanya penyakit HIV/Aids.

Sekretaris KPA Sultra Jasmurni Munir menyatakan,  penderita HIV/ AIDS di Sulawesi Tenggara mengalami peningkatan. Tahun tahun 2004 sampai 2013, orang dengan HIV/AIDS (Odha) mencapai 361. Januari hingga Oktober 2014, kata Jasmurni,  penderita HIV/AIDS sudah mencapai 150 orang.

“ Penderita tertinggi adalah pelaku hetero seksual kemudian ibu rumah tangga dan pekerja seks, usianya mulai dari 25 sampai 49 tahun. Untuk remaja penderita odha sebanyak 14 persen dan usia di atas 50 tahun tercatat 8 persen,” ungkap Sekretaris KPA Sultra, Jasmurni di gedung DPRD Sultra.

Angka tersebut lanjutnya berdasarkan hasil pemeriksaan di tiga rumah sakit yakni rumah umum daerah (RSUD) Abunawas Kendari. RSUD Provinsi Bahteramas dan RSUD di kota Baubau. Angka pengidap HIV AIDS tertinggi di Kendari, kemudian di Kabupaten Muna.

Penyakit ini, kata Jasmurni, lebih banyak disebarkan melalui hubungan seksual. Untuk itu ia menghimbau, agar masyarakat tetap setia pada pasangan dan saling menjaga agar tak tertular HIV AIDS.

“ bagi mereka yang beresiko agar segera memeriksakan dirinya, karena jika sudah terjangkit Aids akan sulit disembuhkan,” tukasnya. (qq)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top