Connect with us

Mahasiswa Demo Gubernur Sultra Terkait Rekening Gendut

Hukum & Kriminal

Mahasiswa Demo Gubernur Sultra Terkait Rekening Gendut

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Puluhan orang yang tergabung dalam Konsorsium Mahasiswa Sulawesi Tenggara (Sultra) bersatu, Senin (22/12/2014) berunjuk rasa mendesak Kejaksaan Agung (Kejagung)dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk serius menangani kasus rekening gendut yang diduga melibatkan gubernur Sultra, Nur Alam.

Dengan menumpang tiga mikrolet, mereka mendesak Kejagung dan KPK, agar secepatnya menyelesaikan kasus dugaan korupsi tersebut.

Koordinator aksi, Filman Ode menyatakan indikasi keterlibatan gubernur Sultra dalam kasus rekening gendut ini membuat banyak masyarakat bertanya-tanya akan status hukum gubernur.
“Apakah statusnya sebagai saksi atau tersangka. Masyarakat Sultra menanti kepastian hukum, karena mengenai integritas dan nama baik Sultra di mata nasional,” teriak Filman dalam orasinya di halaman gedung DPRD Sultra, Senin siang.

Jika gubernur Sultra terbukti melakukan tindakan melawan hukum, maka penegak hukum harus segera memproses kasus rekening gendut itu secepatnya. Namun, bila tidak terbukti maka nama Sulawesi Tenggara wajib dibersihkan.

” Kami minta DPRD Sultra harus independen dalam mengawasi kasus indikasi rekening gendut yang diduga melibatkan gubernur kita,” terangnya.

Di gedung DPRD Sultra, mahasiswa tak ditemui satu orang pun anggota. Pasalnya, para wakil rakyat tengah berada di luar Kendari. Massa kemudian melanjutkan aksinya ke kantor kejaksaan tinggi Sultra.

Pantau di dua lokasi unjuk rasa, massa konsorsium mahasiswa Sultra bersatu dikelilingi hampir 100 orang tak dikenal. Disinyalir massa berpakaian preman itu adalah pendukung gubernur.
Mereka menggunakan lima unit truk plat kuning. Sesekali mereka berteriak “serbu”, sehingga membuat kelompok pengunjukrasa untuk lebih waspada, jangan sampai mereka menyusup dan mengacaukan barisan mereka.

Sementara itu, ratusan petugas polisi mengawal aksi unjuk rasa untuk menghindari terjadinya bentrokan antar dua kelompok pro dan kontra dalam kasus dugaan rekening gendut gubernur Sultra.

Seperti diberitakan, saat ini kejaksaan agung tengah melakukan penyelidikan terhadap dugaan rekening gendut gubernur Sultra sebesar 4,5 juta dollar, berdasarkan laporan dari pusat pelaporan dan analisis traksaksi keuangan (PPATK) RI. Dalam temuan itu, gubernur Sultra Nur Alam menerima dana 4,5 juta US dollar dari seorang pengusaha asal Taiwan Mr. Chen pada tahun 2010. (qq)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top