LPKA Kelas II B Kendari Diresmikan

SUARAKENDARI.COM, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II B Kendari telah diresmikan oleh Kakanwil Menkumham Sultra, Ilham Djaya, Rabu (5/7/2015). Peresmian LPKA tersebut ditempatkan untuk sementara di Kantor Lapas Kelas II A Kendari.

Kepada sejumlah awak media, Ilham menjelaskan bahwa peresmian LPKA hari itu dilakukan secara serentak di 33 Provinsi yang ada di Indonesia. Dikatakannya pula bahwa LPKS sengaja dibangun untuk membina anak-anak dibawah umur yang sedang terkena kasus hukum.

“Tujuan peresmian LPKA yang dilakukan secara serentak ini agar kedepannya ketika ada anak-anak kita yang berhadapan dengan kasus hukum bisa langsung dibinda di LPKA, jadi tidak lagi menjadi tahanan polisi atau kejaksaan melainkan ditempatkan di LPKA untuk diberikan pembinaan,” terangnya.

Perlakukan khusus tentu saja akan diberlakukan kepada anak-anak, bukan hanya itu bentuk bangunan LPKA ini berbeda dengan lapas atau rutan, didesain tidak menggunakan pintu terali lagi, melainkan pintu biasa seperti yang ada dirumah. Tempat tidur juga disediakan untuk setiap anak dilengkapi dengan meja belajar.

“Kita desain agar lebih leluasa dan lebih nyaman, jadi kalau berhadapan dengan kasus hukum di LPKA ini, anak-anak kita bisa tetap berlajat dan tidak terganggu, tidak ada lagi yang namanya kekerasan atau menakut-nakuti,” ujarnya.

Untuk sementara gedung LPKA Kelas II B Kendari memang masih melekat pada Lapas Kelas II A Kendari, tapi akan tetap diusahakan dua bulan kedepan sudah bisa ditambah luasnya dan berdiri sendiri.

Ilham juga menambahkan karena keterbatasan ruangan yang ada saat ini, maka LPKA Kelas II B Kendari masih menampung lima anak saja.

Ia berharap dengan adanya LPKA ini, anak-anak yang berhadapan dengan kasus hukum bisa merasa lebih nyaman tinggal di LPKA, senyaman tinggal di rumah sendiri. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *