Lima WNA Asal Tiongkok, Langgar Izin Tempat Kerja

Tim petugas Imigrasi Kelas-IA Kendari, Sulawesi Tenggara mengamankan lima warga asing asal Tiongkok karena melanggar izin tempat kerja di daerah itu.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Sulawesi Tenggara, Ilham Jaya, kelima warga asing tersebut hanya memiliki Izin kerja Di kabupaten Konawe, namun kenyataanya mereka bekerja Diperusahaan tambang Di bombana.

lima warga asing asal Tiongkok tersebut masuk ke Indonesia melalui jalur resmi,namun kata dia, Mereka dianggap bermasalah, karena izin yang dimiliki tidak sesuai dengan daerah tempat mereka bekerja.

“Oleh karena itu, dalam waktu dekat kita akan mendeportasi mereka ke negara asalnya,” kata dia.

Ia mengatakan, lima orang warga asing tersebut terjaring oleh tim operasi terpadu yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Tim terpadu menangkap lima warga asing di dua lokasi berbeda. Dua ditangkap di Kabupaten Bombana dan tiga orang lainnya di kabupaten Konawe,” katanya.

Sebelumnya Kepala Seksi Infokom dan Pengawasan Keimigrasian Kendari, Letehina mengatakan warga negara Tiongkok yang ditangkap petugas Imigrasi itu dianggap melanggar UU keimigrasian terkait visa kunjungan mereka yang tidak sesuai dengan kegiatan yang dilakukan di wilayah tersebut.

Menurut dia, lima warga asing asal Tiongkok itu rata-rata antara 26 tahun hingga 40 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *