Connect with us

Laskar Merah Putih Sultra Daftarkan Diri Jadi Relawan Pengawas Pemilu

Hukum & Kriminal

Laskar Merah Putih Sultra Daftarkan Diri Jadi Relawan Pengawas Pemilu

KENDARI, SUARAKENDARI- Puluhan anggota Laskar Merah Putih Sulawesi Tenggara, Jumat (21/3/2014) mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Kedatangan mereka bukan untuk melakukan protes, namun mendaftarkan diri sebagai relawan pengawas pemilu legislatif 9 April 2014 mendatang.
Ketua Laskar Merah Putih Sultra Harnika mengatakan, pendaftaran anggotanya sebagai relawan pengawas pemilu untuk menuju pemilu bersih di tahun 2014. Pihaknya juga akan memantau setiap tahapan pemilu, kemudian akan dilaporkan ke Bawaslu.

“ Dari informasi yang kami terima memang ada indikasi pelanggaran pemilu di lapangan, sehingga kami terpanggil menjadi relawan untuk mengawasi tahapan pemilu. Disadari kami tidak bisa melakukan eksekusi, tetapi minimal bisa membantu Panwas atau Bawaslu untuk memantau dan mengawasi pelanggaran pemilu,” terangnya di kantor Bawaslu Sultra, Jumat (21/3/2014).

Pihaknya kata Harnika, akan menurunkan relawan pengawas pemilu di lima titik dalam kota Kendari. Diantaranya, wilayah Kelurahan Gunung Jati, Jati Mekar, Mandonga, Kampus Baru dan Kelurahan Andonuhu.

“ Dalam waktu dekat kami akan mendapat bimbingan tehnis dari Bawaslu, selanjutnya para relawan langsung diturunkan ke lokasi-lokasi tersebut,” tambahnya.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara, Munsir Alam mengaku mengapresiasi positif inisiaif laskar merah putih untuk mengawasi pemilu . Mereka juga akan membuka pos pengaduan pemilu dan itu sejalan dengan program Bawaslu sejuta relawan.

“ Prinsifnya kami membuka kesempatan, tapi kami meminta kepada laskar merah putih untuk menyusun dulu anggota menjadi relawan. Tetapi kami mengingatkan kepada laskar merah putih bahwa Bawaslu tidak menyediakan dana untuk mereka, karena sifatnya sukarela,” terangnya.

Munsir menjelaskan, saat ini Bawaslu Sultra memiliki 17 ribu relawan yang tersebar di 12 Kabupaten dan Kota.
“ Mereka terdiri dari lembaga dan perorangan. Semoga dengan kehadiran Laskar Merah Putih bisa menambah relawan, sehingga pemilu tahun ini terawasi dengan baik,” jelasnya.

Pihaknya kata Munsir, berupaya untuk membangun kembali kepercayaan masyarakat atas proses demokrasi tersebut dengan mendorong agar masyarakat turut melakukan pengawasan partisipatif.

“Gerakan ini benar-benar ingin mengugah kesadaran masyarakat akan pentingnya mengawasi pelaksanaan Pemilu, sehingga pihak-pihak yang ingin berbuat tidak fair dalam Pemilu bisa ditekan,” tambahnya.KIKI

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top