Connect with us

Laris Manis Bisnis Kurma di Kendari

Bisnis

Laris Manis Bisnis Kurma di Kendari

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Bulan suci ramadhan, buah kurma menjadi primadona bagi warga Kota Kendari , Sulawesi Tenggara. Para pedagang kurma pun ketiban rejeki karena permintaan kurma terus meningkat dibanding hari biasa.

Di toko milik Abu Awal misalnya, tampak mulai didatangi pembeli kurma, baik dari dalam kota maupun dari luar kota kendari. Di toko ini menyediakan berbagai jenis kurma dari negeri arab. Ada tiga jenis buah kurma yang umumnya sudah dikenal warga setempat yaitu, kurma Valley Mesir, kurma Rabbe Madinah dan kurma Tunisia.

Di Kota Kendari, kurma dalam kemasan kecil dijual beragam. Kurma mesir dijual 10 ribu rupiah saja perkemasan kecil, lalu kurma madinah dijual dengan harga 20 ribu sementara kurma tunisia dijual dengan harga 35 ribu.

“Alhamdulillah sudah mulai rame. pembeli sudah mulai banyak mungkin untuk persiapan bulan ramadhan. Yang paling diminati kurma madinah dan kurma falley,” kata Abu Awal, pedagang kurma.

Jika pada hari biasa, pedagang hanya mampu menjual kurma antara 10 hingga 15 kilogram perbulan, maka pada bulan ramadhan penjualan melonjak hingga dua ton.

“Kurma ini kan musiman. kalau pengalaman tahun-tahun sebelumnya, penjualan kurma bulan ramadhan biasanya kita habis 1,5 ton. tapi kalau bukan ramadhan paling sepuluh kilo perbulan. yang satu ton belum cukup. tahun lalu satu minggu sebelum lebaran sudah habis kurma,”jelas Rustam, pedagang kurma.

Meski laris manis dan menjadi primadona di bulan ramadhan, penjualan kurma bukan tanpa kendala.

Para pedagang mengeluhkan lamanya waktu pengiriman padahal kurma mudah berjamur jika disimpan dalam wadah tertutup.

Akibatnya para pedagang tidak berani memesan kurma dalam jumlah yang lebih besar meskipun permintaan terus meningkat.

Meski kurma adalah tanaman khas timur tengah, namun para pedagang tidak perlu mendatangkan kurma-kurma tersebut dari negeri asalnya. Umumnya mereka cukup mendatangkan kurma tersebut dari jakarta saja.NAL

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top