Connect with us

La Ode Songko Minta Kasus Tie Saranani Ditangguhkan

PPP

Hukum & Kriminal

La Ode Songko Minta Kasus Tie Saranani Ditangguhkan

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, La Ode Songko meminta kepada jajaran Polda Sultra untuk segera menangguhkan penahanan yang dilakukan terhadap aktivis perempuan, Tie Saranani.

Menurutnya, penahanan yang dilakukan kepada Tie Saranani terkait pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Pasal 27 dan Pasal 32 Tahun 2008 tidak memiliki dasar yang kuat.

“Jika yang menjadi dasar dari pihak kepolisian hanya Pasal 27 dan 32 Tahun 2008, itu tidak dapat, bahkan bisa menjadi dasar yurispridensi untuk kasus serupa dimasa mendatang karena tidak ada ukuran baku untuk menilai perbuatan dianggap penghinaan atau pencemaran nama baik yang termuat dalam kedua pasal itu,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam kedua pasal yang digunakan pihak kepolisian tersebut tidak kuat. Pasalnya kedua pasal itu multi tafsir sehingga dapat menimbulkan ketidak pastian hukum.

Ia menilai jika aparat penegak hukum tetap menggunakan kedua pasal tersebut sebagai dasar penahanan yang dilakukan kepada Tie Saranani artinya negara kita mengalami kemunduran demokrasi.

“Dibeberapa negara penggunaan pasal penghinaan dan pencemaran nama baik telah dihapus karena dinilai memasung demokrasi, baik itu dalam UU ITE maupun UU KUHP, sehingga jika kita memaksakan untuk menggunakan pasal tersebut maka kurang kuat,” tukasnya.

Untuk itu, ia berharap agar pihak kepolisian bisa melakukan penagguhan penahanan kepada Tie Saranani dan tidak melakukan penalaran yang subyektif terhadap kedua pasal tersebut. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top