Connect with us

KPUD Temukan Puluhan Surat Suara Rusak Dan Kelebihan 346 Surat Suara

Uncategorized

KPUD Temukan Puluhan Surat Suara Rusak Dan Kelebihan 346 Surat Suara

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- Memasuki hari kedelapan pelipatan kertas surat suara, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka, Sulawesi Tenggara telah menemukan 71 surat suara yang rusak. Surat suara yang rusak, diantaranya 33 surat suara DPD yang rusak. Hal ini diungkapkan langsung oleh sekertaris KPUD Kolaka, Idham Hindardi.

Kata dia, tidak menutup kemungkinan jumlah kerusakan surat suara akan terus bertambah. “Kerusakan tersebut terdiri dari 33 surat suara calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD), 18 surat suara calon Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dan 20 surat suara DPRD Provinsi. Secara keseluruhannya terdapat 71 surat suara rusak yang terdiri dari DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi,” katanya, Selasa (18/03/2014).

Lebih jauh dijelaskan bahwa kerusakan surat suara tersebut sangat bervariasi. Ada yang terdapat tetesan tinta, dan gambar yang tidak jelas serta ada juga surat suara yang sobek dan bolong. “Semuanya itu kami temukan pada saat penyortiran,” tambahnya.

Sedangkan untuk surat suara yang lebih terdapat 25 surat suara DPD, 276 surat suara DPR RI dan 45 surat suara DPRD Provinsi, sehingga total keseluruhannya berjumlah 346 surat suara.

“Surat suara yang lebih tersebut terdapat dalam dos yang tidak mencapai seribu perdosnya. Mungkin dari perusahaanya yang lupa menghitung dan langsung kasih masuk saja dalam dos, sehingga saat ini kami catat dan akan dibuatkan laporan setelah semuanya selesai dilakukan pelipatan surat suara,” bebernya.

Ia juga mengatakan, pelipatan surat suara tersebut hanya selama tujuh hari, yakni tiga hari surat suara DPD dan empat hari surat suara DPR RI dan DPRD provinsi yang masing-masing dua hari.

Sedangkan untuk surat suara DPRD Kabupaten Kolaka, saat ini sementara dilakaukan pelipatan. “Saat ini kami mulai lagi pelipatan surat suara DPRD Kabupaten Kolaka,” tutupnya. ABDI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top