Connect with us

KPU Sultra Lakukan Simulasi Pemungutan Suara

Hukum & Kriminal

KPU Sultra Lakukan Simulasi Pemungutan Suara

 

KENDARI, SUARAKENDARI.Com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan simulasi pelaksanaan pemungutan suara dihadapan seluruh komisioner KPU kabupaten/kota yang ada di Sultra. Simulasi tersebut berlangsung di Hotel Zahra, Selasa (25/2/2014).

Iwan Rompo, selaku Koordinator Divisi Pencalonan KPU Sultra, mengatakan bahwa simulasi yang dilakukan hari itu sebagai salah satu langkah untuk menyukseskan pemilu yang akan berlangsung pada tanggal 9 April 2014 mendatang.

“Kami memang sengaja melakukan simulasi hari ini agar komisioner kpu kabupaten/kota bisa menjelaskan kembali hingga ketingkat bawah, bagaimana cara pemungutan suara yang baik dan benar serta sah,” jelasnya.

Ia juga menginginkan agar simulasi yang dilakukan hari itu, dapat mengantisipasi jika terdapat hal-hal yang dianggap ekstrim dalam pemungutan suara, sehingga petugas dilapangan sudah tahu langkah apa yang harus dilakukan.

“Salah satu contoh yang kami khawatirkan jika terdapat pemilih yang tidak memiliki surat panggilan dan tidak terdaftar tapi bawa KTP, jadi orang kami dibawah sudah tahu mau mengambil langkah apa, begitu pula jika terdapat pemilih yang cacat, kan harus dipandu,” terang Iwan.

Tidak hanya simulai pemunguta suara yang dilakukan, melainkan pula akan dilakukan rekapitulasi rekapitulasi dan bagaimana menetapkan calon terpilih. Iwan berharap melalui simulasi yang dilakukan hari itu, dapat memberikan penjelasan yang selama ini kurang dimengerti, sehingga tidak ada lagi alasan bagi PPS atau KPPS untuk tidak paham terkait pemungutan suara, termasuk cara mencoblos yang benar.

“Tentu saja ada perbedaan antara pemilu 2009 lalu dan 2014 mendatang, karena dulu gunakan sistem contreng, sekarang mencoblos, jadi harus dijelaskan,” tukasnya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top