Connect with us

KPU Sultra Belum Coret Nama Bariun dan Hamid Basir

Kantor KPU Sultra

Hukum & Kriminal

KPU Sultra Belum Coret Nama Bariun dan Hamid Basir

KENDARI, SUARA KENDARI.COM, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) nampaknya lebih berhati-hati untuk mencoret nama Calon Anggota Legislatif (Caleg)) yang telah ditetapkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT). Hal itu terbukti dengan masih adanya nama LM. Bariun dan Hamid Basir yang tercatat dalam DCT. Padahal kedua nama tersebut sudah memiliki keputusan hukum tetap atau ingkra dalam kasus yang disangkakan kepada kedua nama tersebut.
Iwan Rompo, selaku komisioner KPU Sultra, mengatakan meskipun kedua nama tersebut telah diberitakan melalui media dan telah dilakukan eksekusi terhadap keduanya, namun pihaknya belum menerima surat resmi dari kejaksaan yang melakukan ekskusi, sehingga perlu dilakukan klarifikasi. “LM Bariun dan Hamid Basir sampai saat ini masih tercatat sebagai DCT kami, kami belum berani mencoret karena masih ada beberapa tahapan yang perlu kami lakukan, kami masih harus bersurat ke kejaksaan untuk mengetahui secara pasti terkait keputusan yang diberikan kepada kedua caleg tersebut,” jelasnya, Selasa (21/1/2014).
Tidak hanya berhenti sampai disitu, setelah mendapatkan balasan dari pihak kejaksaan langkah selanjutnya yang akan dilakukan KPU Sultra yakni meminta pandangan hukum terhadap Bawaslu Sultra. “Nanti setelah Bawaslu Sultra sudah memberikan pendapat, baru akan kami pastikan apakah kedua nama tersebut akan dicoret atau tidak, karena kami juga memerlukan rekomendasi dari Bawaslu Sultra,” ujarnya.
Lanjutnya, jika dalam perjalanan keduanya resmi dicoret maka keduanya tidak akan dimasukkan lagi dalam kartu suara, kalaupun sudah terlanjur dicetak, maka kedua caleg tersebut akan dihitamkan atau distabilo. Iwan menegaskan, setelah kedua nama tersebut dicoret dari daftar DCT, maka tidak diperbolehkan lagi dari partai untuk memasukkan calon pengganti. Sebagai tambahan, LM Bariun merupakan caleg dari Partai Nasdem no urut 6 Dapil III yakni Muna dan Buton Utara, sementara Hamid Basir merupakan caleg dari PPP dengan no urut 1 dari Dapil VI yakni Konawe dan Konawe Utara. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top