KPU Pastikan Tidak Ada Data Siluman

SUARAKENDARI.COM- KPU Sulawesi Tenggara memastikan tidak ada data pemilih yang aneh, seperti yang sebelumnya telah dipersoalkan oleh Bawaslu Sultra tentang DP4 yang membengkak. Apalagi, data tersebut berasal dari pemerintah kabupaten yang kemudian diserahkan ke Kemendagri. Hal itu dikatakan oleh Ketua KPU Sultra, Hidayatullah, saat ditemui di Kendari belum lama ini.

Dirinya mengatakan, KPU tidak pernah melihat itu sebagai data siluman, terlebih lagi DP4 ini diperoleh dari Pemerintah Daerah. Setelah Pemda menyerahkannya ke Kemendagri, setelah itu diserahkan lagi ke KPU RI. Dari DP4 ini nantinya akan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang salinannya itu akan diberikan ke Panwaslu serta tim pasangan calon.

“KPU juga telah sinkronkan dengan data pemilu terakhir. Setelah itu, KPU Provinsi menurunkannya lagi ke KPU Kabupaten, mulailah dilakukan pemuktahirannya,” jelasnya.

KPU juga menjamin, seluruh masyarakat yang mempunyai hak pilih, akan terdaftar dalam DPT nantinya. Meskipun diyakini pada akhirnya akan ada masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPT tersebut, namun yang bersangkutan masih bisa menggunakan suaranya dengan membawa KTP.
“KPU hanya mencoba meminimalisir supaya tidak terjadi data yang amburadul,” katanya. (Arn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *