Connect with us

KPU Kolaka Gelar Pemungutan Suara Lanjutan

Hukum & Kriminal

KPU Kolaka Gelar Pemungutan Suara Lanjutan

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka dijadwalkan pada hari ini, 5 Mei 2014, akan melakukan pemilihan suara lanjutan. Pasalnya, pada saat pemilu yang telah digelar 9 April 2014 lalu, ternyata masih ada sebanyak 41 orang wajib pilih yang tidak memberikan hak suaranya untuk DPD.

Hidayatullah, Ketua KPU Sultra, menuturkan bahwa berdasarkan arahan dari KPU dan Bawaslu RI, maka KPU Kabupaten Kolaka harus melakukan pemilihan lanjutan agar semua yang masuk wajib pilih bisa memberikan hak suaranya.

“Di Desa Porabua, Kecamatan Uluiwoi masih ada 41 orang wajib pilih pada saat pilcaleg yang lalu tidak memberikan hak suaranya karena surat suara untuk DPD tidak mencukupi, pada saat itu juga tidak ada pemberitahuan karena desa tersebut sangat terpencil dan tidak memungkinkan untuk alat komunikasi sehingga hanya dibuatkan saja berita acara,” jelasnya.

Menurutnya, hal tersebut sebenarnya bisa diantisipasi jauh hari sebelumnya namun karena tidak memungkinkan untuk alat komunikasi sehingga tidak diantisipasi untuk mengambil surat suara dari TPS lain yang berlebihan.

Ditegaskannya pula bahwa meskipun hari itu dilakukan pemilihan ulang namun tidak akan mempengaruhi hasil yang sudah ada saat ini karena jumlah 41 suara tersebut jauh dari perolehan beberapa calon yang sudah mendapatkkan suara.

“Pemilihan lanjutan ini tidak akan mempengaruhi hasil yang ada, hanya kita lakukan saja karena harus menyalurkan suara yang sudah masuk dalam wajib pilih,” ujarnya. (LINA)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top