Connect with us

Ratusan Kotak Suara dari Kardus Rusak Terkena Hujan

Hukum & Kriminal

Ratusan Kotak Suara dari Kardus Rusak Terkena Hujan

 

KENDARI, SUARAKENDARI. COM- Sehari jelang pemungutan suara pemilu pada legislatif tahun 2014, kerusakan surat suara kembali terjadi di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kerusakan surat suara sebanyak 259 untuk DPRD Kabupaten Konawe, daerah pemilihan (Dapil) 1 itu akibat guyuran hujan, Senin (7/4/2014).

“ Distribusi sudah di kecamatan Soropia yang diakibatkan penutup truk pengangkut logistik tidak rapat pada saat perjalanan, sehingga kotak beserta surat suara didalamnya kena air hujan. Akibatnya surat suara DPRD untuk dapil 1 rusak berat,” ungkapnya Hidayatullah, Selasa (8/4/2014).

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Hidayatullah mengatakan, pihaknya kesulitan mengatasi kerusakan surat suara tersebut. Karena, logistik untuk kebutuhan pemilu legislatif besok tidak bisa diambil dari daerah lain.

Menurutnya, PPK Soropia baru mengetahui kerusakan surat suara tersebut saat dilakukan penyortiran.

“ Jadi solusinya diambil dari TPS-TPS dalam dapil 1 yang cadangan 2 persen dikurangi 1 persen dengan pertimbangan TPS yang tidak memiliki daftar pemilih khusus (DPK) dan partisipasi tidak sampai 100 persen,” terangnya.

Dua hari sebelumya, 313 surat suara beserta 30 kotak suara yang terbuat dari kardus di Buton Utara juga rusak diguyur hujan, saat proses pendistribusian dari kantor KPU ke secretariat PPK setempat.

Kerusakan surat suara untuk DPD RI Buton Utara, kata Hidayatullah, sudah diantisipasi dengan mengambil kelebihan surat suara DPR RI dari Kabupaten Muna. Karena KPU Muna memiliki kelebihan surat suara mencapai 400 lembar.

“ 30 kotak suara yang terbuat dari kardus yang juga rusak akibat air hujan sudah diantisipasi dari KPU Buton, termasuk formuir C1 flano DPD empat set yang rusak diatasi dengan fotocopy. Kemudian segel yang rusak sebanyak 1808 lembar sudah ditangani,”ujarnya.

Ketua KPU Sultra mengklaim, kebutuhan logistik untuk seluruh Kabupaten dan Kota sudah tertangani dengan baik. Ia optimis, pencoblosan besok di seluruh TPS akan berjalan lancar tanpa kekurangan logistik lagi.

“Sekarang distribusi logistiknya sudah ke tingkat PPS dari PPK, besok subuh proses distrubusi baru akan dilakukan dari PPS ke TPS. Kita berdoa semoga semuanya lancar tanpa hambatan, sehingga masyarakat bisa menyalurkan hak politiknya,” Hidayatullah berharap.KIKI

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top