Connect with us

Kota Kendari Penuhi Kriteria Adipura Kencana

Metro

Kota Kendari Penuhi Kriteria Adipura Kencana

KENDARI,SUARAKENDARI.COM-Walikota kendari Ir. Asrun, mempersentasekan keberhasilan kota kendari memprogramkan penataan lingkungan dan menjaga kebersihan pada tim dewan pertimbangan adipura, terkait status kota Kendari yang terpilih sebagai salah satu kota yang masuk nominasi adipura Kencana tahun 2014 ini.

Walikota menjelaskan, target mencapai adipura berawal tahun 2005 hingga tahun 2006, saat posisi kota Kendari menjadi kota terkotor di propinsi Sultra dan peringkat 56 dari 60 kota sedang di Indonesia.

Setelah dilantik tahun 2007 walikota langsung berbenah dan tahun 2009 kota kendari langsung mendapat adipura, tanpa meraih piagam terlebih dahulu seperti yang umum diraih kota lain yang baru memulai.

“Saya menggunakan konsep total football dalam pencapaian adipura artinya saya melibatkan semua pihak untuk menciptakan kebersihan kota kendari mulai PNS hingga TNI dan Polri”ungkapnya.

Dengan konsep total football itu kota Kendari 5 kali berturut-turut mendapat piala adipura hingga tahun 2013 lalu.

Tahun 2014 ini sejumlah program telah dijalankan pemerintah kota kendari, mulai dari pemanfaatan sampah daur ulang, pengelolaan TPA Puwatu dan memanfaatkan gas metan hingga membangun kampung mandiri energy,  serta mendorong pencapaikan sekolah adiwiyata.

Sementara itu ketua tim verifikasi adipura Kencana Solihin Sidik, mengaku, dari persentase yang disampaikan Walikota, kota Kendari sudah memenuhi sejumlah Kriteria adipura kencana, seperti pengelolaan sampah,  pemanfaatan gas metan di TPA Puwatu dan melibatkan stake holder dalam mengelola kebersihan.

Namun yang paling penting menurutnya walikota Kendari sudah memahami keberadaan adipura yang bisa mengubah prilaku dan menciptakan kota yang nyaman bagi warganya.“Warga kota Kendari harusnya bangga punya walikota pak Asrun meskipun namanya pendek tapi visinya cukup jauh, beliau paham betul tujuan adipura”pujinya.(ALIN)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top