Kota Kendari Optimis Raih Adipura Kencana

0

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Kendari optimis Kota Kendari bisa meraih tropi adipura kencana tahun 2014 ini.

Kepala badan lingkungan hidup kota Kendari, Rusnani,  menjelaskan,  salah satu syarat untuk mendapatkan tropi adipura Kencana ialah dengan menciptakan sebuah inovasi.

“untuk mendapatkan adipura kencana kriterianya itu harus ada inovasi, salah satunya inovasinya kita kan TPA Puwatu yang sudah bisa menghasilkan gas metan baik itu dimanfaatkan sebagai listrik maupun kompor” ungkapnya.

Fasilitias tersebut juga sudah digunakan puluhan kepala keluarga yang tinggal di kampung mandiri energy TPA Puwatu.

Meskipun sudah memiliki Inovasi,  namun kata Rusnani,  harus ditunjang dengan aspek lain seperti kebersihan, penghijauan, fasilitas tempat sampah,  pemiliahan sampah diperumahan,drainase dan trotoar.

“Diakui tim penilai bahwa, kelebihan kita itu memang di TPA, karena itu gas metannya yang sudah berfungsi untuk penerangan dan kompor” katanya.

Ia menambahkan jika kota kendari tahun ini masuk nominasi adipura kencana, maka tim kementrian lingkungan hidup akan datang kembali untuk melakukan verifikasi.

Sebelumnya pada penilaian adipura P1 TPA puwatu mendapatkan nilai tertinggi yakni 86. (ALIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.