Connect with us

Konsel Kembangkan Budidaya Perikanan

Uncategorized

Konsel Kembangkan Budidaya Perikanan

KONSEL, SUARAKENDARI,Com-Konsel  adalah salah satu daerah di Sultra  yang mengembangkan banyak program budidaya. Mulai dari rumput laut, teripang, pohon bakau, udang windu, serta yang paling terkenal; ikan kerapu dan udang. Pengembangan budidaya ini menghasilkan  miliaran rupiah dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tak pemerintah kini menggenjot sektor kelautan menjadi sektor andalan.

 Budidaya sektor perikanan dipilih karena konsel punya garis pantai terpanjang di  Sultra, yaitu lebih 400 kilometer, dengan sepuluh pulau kecil di sekitarnya. Muhammad Ernanto Tawulo Kepala Bidang Budidaya, Dinas kelautan dan Perikanan Konawe Selatan mengatakan, budidaya merupakan solusi yang tepat untuk menjaga habitat laut.

“Kalau saya melihat budidaya itu adalah strategi  untuk melindungi laut,”katanya.

 Bidang Budidaya Laut Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konsel adalah yang pertama kali memperkenalkan metode budidaya perikanan kepada masyarakat pesisir. Yang dicoba pertama adalah budidaya ikan kerapu, sejak 2010 lalu. Sekitar 6 kelompok pelaku usaha  mencoba metode baru ini. “Metode budidaya ini diharapkan dapat menjadi contoh untuk daerah lain,”katanya.

“Mewujudkan kelompok budidaya sebagai institusi rujukan dalam pengembangan budidaya laut. Menghasilkan teknologi budaya laut yang adaptif guna mendukung peningkatan produksi perikanan budaya. Mendukung pengembangan budidaya laut di daerah binaan. Penyediaan benih dan sel induk ikan laut bermutu. Penyediaan pakan hidup dalam rangka mendukung pembudidyaan laut. Pengembangan kapasitas SDM melalui pelaksanaan pembina, pelatihan, dan sertifikasi.”katan ernanto.

Proyek budidaya di Konawe Selatan sudah berjalan hampir 5 tahun. Dinas kelautan tetap mengawasi jalannya pertambakan atau budidaya oleh masyarakat Konsel. Kadang langsung mendatangi para pembudidaya untuk memperkenalkan metode baru, atau jika terjadi kerusakan lingkungan di sekitar wilayah  pembudidaya. YS

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top