Konfrensi Asia Pasific, 250 Personil Diturunkan

SUARAKENDARI.COM, Konfrensi Asia-Pacific yang diselenggarakan di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang rencananya akan menghadirkan sekitar 200 bupati walikota dan gubernur Asia-Pasifik.

Kapolres Wakatobi, AKBP JR Manalu, mengatakan bahwa sekitar 250 personil disiapkan untuk melakukan pengamanan kagiatan konfrensi yang akan berlangsung sejak tanggal 5 hingga 7 September mendatang.

“Kalau dari Polres Wakatobi sendiri kami siapkan 200 personil, kamudian kami juga mendapatkan back up dari Brimop Polda Sultra satu pleton, pasukan penjinak bom anti teror dan Pol Airud, untuk keseluruhan personil kami 250,” terangnya, Jumat (4/9/2015).

Dikatakannya pula, sistem pengamanan yang dilakukan yakni berupa pengamanan tertutup dan pengamanan terbuka. “Pengamanan tertutup itu kami lakukan langsung kepada tamu yang datang, sementara untuk pengamanan terbuka kami lakukan pada tempat kegiatan berlangsung,” ujarnya.

“Titik pengamanan yang kami lakukan mulai dari bandara, tempat tamu menginap, sekolah internasional yang akan dikunjungi, PLTU, pelabuhan dan dermaga marina,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan ia juga belum mengetahui kepastian akan kedatangan Presiden dan Wakil Presiden yang akan membuka acara tersebut, namun ia memastikan bahwa kesiapan pengamanan yang dilakukan oleh pihak pengamanan sudah menyiapkan berbagai kemungkinan.

“Belum tahu pasti siapa yang akan membuka acara ini, apakah presiden langsung, wakil atau mentri, tapi kami sudah melakukan persiapan, Polres Bau-Bau dan Polres Buton juga sudah menyatakan kesiapannya untuk membantu kami jika presiden dan wakil presiden hadir,” tutupnya. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *