Connect with us

Konawe Target Tingkatkan Produksi Beras

Bisnis

Konawe Target Tingkatkan Produksi Beras

KONAWE, SUARAKENDARI.COM-Konawe Tingkatkan produksi berasnya Bupati konawe Kery Saiful Konggoasa menargetkan produksi beras kabupaten Konawe tahun 2014 lebih dari 100.000 ton, target ini kata Keri meningkat dari tahun 2013 lalu yang mencapai angka 80.000 ton.

Dari kelebihan produksi beras tersebut Kabupaten Konawe beberapa pekan lalu sudah mengirim beras ke daerah lain seperti daerah Bitung, Sulawesi Utara sebanyak 4000 ton. Namun Bupati Konawe juga mengaku akan menata kembali perdagangan beras di Konawe untuk mengetahui kemampuan daerah mengekspor beras.

“ Sementara saya bicara dengan ka Dolog untuk beras yang keluar ini supaya jelas, karena kemarin waktu kita adakan pengiriman awal, itu ada lagi pengirman besoknya tanpa pengetahuan resmi keluar lagi yang dikirim oleh pengusaha-pengusaha beras, inilah yang nanti kita akan tata supaya kita tau berapa kemampuan beras kita” ungkap pasangan Parinringi ini.

Bupati Konawe optimis bisa mencapai target produksi beras yang telah ia tetapkan, pasalnya sejumlah daerah di Kabupaten Konawe telah berhasil meningkatkan produktifitas hasil panen mereka yang setiap hektanya bisa memproduksi padi sebanyak 9,2 ton.

“Ada beberapa wilayah persawahan yang mempunyai kapasitas panen meningkat, ada yang kita ketahui sekarang bahwa kapasitas panen itu sudah sampai 9,2 ton per satu hektar, itu sudah mulai ada didaerah Tongauna keatas” terangnya.

Terkait jalan-jalan disentra pertanian yang rusak, Bupati mengaku proyek-proyek pembangunan infrastuktur akan mulai dilakukan bulan ini sesuai yang telah terprogram dalam APBD Kabupaten Konawe tahun 2014 ini. ALIN

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top