Connect with us

Konawe Pecahkan Rekor Muri, Lulo Terpanjang

Uncategorized

Konawe Pecahkan Rekor Muri, Lulo Terpanjang

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Kabupaten Konawe berhasil memecahkan rekor muri dalam kategori tarian lulo terpanjang dengan jumlah peserta sebanyak 25.346 yang berlangsung disekitar perkantoran Pemda Konawe, Jumat (27/2/2015).

Paulus, Perwakilan Muri mengatakan bahwa Konawe tidak hanya memecahkan rekor nasional melainkan rekor dunia.

“Tarian lulo seperti ini, pernah diselenggarakan di Kota Kendari Tahun 2005 yang lalu dengan jumlah peserta sebanyak 2.530, syaratnya itu harus lebih 10 persen dari jumlah sebelumnya, tapi jumlab peserta hari ini jauh dari jumlah peserta sebelumnya, sehingga kami katakan memecahkan rekor dunia,” jelasnya.

Ia mengakui bahwa jumlah peserta tarian lulo yang hadir hari itu tidak mudah dikumpulkan begitu saja, tetapi usaha yang dilakukan pemerintah sangat luar biasa.

“Ini bukan jumlah yang sedikit tapi justru melebihi target, karena laporan yang disampaikan kepada kami 20.000, memang kami patut acungi jempol terhadap usaha pemerintah,” katanya.

Sementara itu, dengan berhasilnya muri yang diraih Konawe, maka Konawe saat ini tercatat dalam sejarah muri dengan urutan 6.845.

Wakil Bupati Konawe, Parinringi, menuturkan bahwa tarian lulo yang berhasil memecahkan rekor dunia hari itu merupakan salah satu rangkaian dari HUT Kabupaten Konawe yang ke-55.

“Kami ingin agar dimomentum HUT kali ini ada yang beda, kami memang sengaja mengadakan lulo karena tarian ini merupakan tarian budaya kami, jadi anak cucu kita tidak akan melupakan budayanya,” tuturnya.

Adapun peserta tarian lulo hari itu datang dari berbagai kalangan mulai dari pelajar SMP, SMA, SKPD, TNI/Polri dan masyarakat setempat.

Ia juga menambahkan bahwa lulo yang diselenggarakan hari itu bersinergi dengan RPJMD pemerintah yakni meningkatkan dan melestarikan budaya, sehingga budaya lokal tidak akan pernah kalah dengan budaya asing. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top